Rabu, 15 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

XLSMART Raih Kinerja Positif di Q2 2025, Pendapatan Tumbuh 22%YoY

27 Agustus 2025
in Headline
Reading Time: 2 mins read
Layanan Pelanggan XL dan Smartfren Tidak Berubah Usai Merger

Jajaran Direksi XL Axiata (ki-ka)I Gede Darmayusa, Feiruz Ikhwan, Yessie Dianty Yosetya, Presiden Direktur Rajeev Sethi dan David Arcelus Oses. (Foto: stevywidia/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Di tengah tantangan industri PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) tetap meraih pencapaian kinerja yang positif. Pada kuartal kedua (Q2) 2025 perseroan berhasil meraih total pendapatan sebesar Rp 10,50 triliun, meningkat 22% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), Secara keseluruhan pendapatan XLSMART di semester pertama 2025 mencapai Rp. 19,10 trlliun.

Presiden Direktur & CEO XLSMART, Rajeev Sethi mengungkapkan, EBITDA yang dinormalisasi (Normalized EBITDA) sebesar Rp 4,97 triliun dengan normalized EBITDA margin 47%, dan laba bersih yang dinormalisasi (Normalized PAT) sebesar Rp 313 miliar. Sedangkan kontribusi pendapatan layanan data dan digital pada total pendapatan mencapai lebih dari 91%.

“Kuartal kedua 2025 menjadi tonggak penting bagi XLSMART. Dua setengah bulan setelah proses merger dilakukan, kami menghadapi tantangan eksternal maupun internal. Secara eksternal, industri masih diwarnai kompetisi yang ketat, sementara secara internal, kami perlu memastikan operasional perusahaan tetap solid sehingga layanan kepada pelanggan tetap optimal,” katanya dikutip Rabu (27/8/2025).

Baca juga :   Kolaborasi Komdigi dan XLSmart Target Jaring Edukasi AI Untuk 1 Juta Talenta Digital Perempuan

Rajeev menambahkan, XLSMART juga terus fokus melakukan konsolidasi dan integrasi di berbagai lini agar kinerja perusahaan tetap berada di jalur yang tepat (on track). Sejumlah pencapaian penting telah terwujud pada kuartal kedua pasca merger, di antaranya terciptanya skala bisnis yang semakin besar, integrasi jaringan yang terus berlangsung sesuai rencana, serta meningkatnya pengalaman pelanggan.

Hingga akhir kuartal kedua 2025, total jumlah pelanggan XLSMART meningkat mencapai 82,6 juta, dengan ARPU campuran (blended) tetap di kisaran Rp 36 ribu.  Pencapaian jumlah pelanggan serta ARPU campuran sejumlah tersebut merupakan hasil konsolidasi pasca merger yang sudah selesai dilakukan.

“Selain itu, perusahaan juga tengah menjalankan modernisasi jaringan untuk memperluas kapasitas dan mempersiapkan pemanfaatan teknologi terbaru. Dengan jaringan yang lebih luas, kapasitas yang lebih besar, dan strategi multi-brand, XLSMART siap memperkuat posisinya sebagai motor transformasi digital Indonesia. Kami bersyukur dapat terus menjaga pertumbuhan pendapatan, masih meraih profitabilitas, serta menghadirkan layanan yang inklusif, inovatif, dan bernilai tambah bagi seluruh pelanggan,” ucapnya.

Posisi keuangan XLSMART sehat per kuartal kedua 2025, utang kotor tercatat di angka Rp 23,19 triliun, dengan rasio gearing net debt to EBITDA (termasuk finance lease) sebesar 3,53x.  Utang bersih tercatat sebesar Rp 21,93 triliun. XLSMART tidak memiliki utang berdenominasi USD. Sebesar 78% dari pinjaman yang ada saat ini memiliki suku bunga mengambang (floating) dan 22% memiliki suku bunga tetap. Free Cash Flow (FCF) berada pada tingkat yang sehat, dengan peningkatan sebesar 35%, menjadi Rp 6,48 triliun.

Baca juga :   Pemerintah Persiapkan Peta Jalan Untuk E-Commerce

Di akhir kuartal kedua 2025, total jumlah BTS XLSMART mencapai lebih dari 209 ribu BTS, meningkat 28% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara trafik layanan di periode ini juga mengalami pertumbuhan sebesar 43% YoY, mencapai 3.817 Petabybes.

Dari sisi Teknologi, XLSMART berhasil melakukan ekpansi jaringan dengan cepat melalui inisiatif National Roaming dan MOCN, yang membuka keterhubungan dan konektifitas  jaringan legacy XL dan Smartfren. Sehingga jangkauan jaringan dan layanan XLSMART yang bisa dinikmati oleh pelanggan dan masyarakat menjadi semakin luas.

Terdapat tambahan sekitar 156 kota/area di Indonesia yang bisa diakses pengguna Smartfren, mengintegrasikan pengelolaan jaringan dan Network Operating Center (NOC), yang memungkinkan pengelolaan jaringan semakin efisien, serta konsolidasi mitra yang mendukung dalam pengelolaan operasional jaringan, dimana XLSMART didukung oleh ZTE dan Huawei.

Baca juga :   Erafone National Tournament 2024 Kompetisi Esport Berhadiah Hingga Rp200 Juta

 

 

STEVY WIDIA

Tags: ARPUEBITDAkuartal kedua (Q2) 2025PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart)
Previous Post

Akses Terapi dan Obat Inovatif Untuk Kanker Paru di Indonesia Terendah di Asia Pasifik

Next Post

PFMuda 2025, Dukung 110 Inovasi Sosial Untuk Ketahanan Energi dan Pangan

Related Posts

Perkuat Jaringan Pasca Merger Layanan XLSMART Makin Luas dan Stabil
News

Perkuat Jaringan Pasca Merger Layanan XLSMART Makin Luas dan Stabil

14 Oktober 2025
0
AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara
Headline

AXIS Nation Cup 2025 Jaring 1.735 Tim,Jadi Kompetisi Terbesar di Asia Tenggara

7 Oktober 2025
0
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center
News

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
0
Load More
Next Post
PFMuda 2025, Dukung 110 Inovasi Sosial Untuk Ketahanan Energi dan Pangan

PFMuda 2025, Dukung 110 Inovasi Sosial Untuk Ketahanan Energi dan Pangan

google play

Google Segera Perketat Aturan Distribusi Aplikasi Android

Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty

Perkuat Layanan Omnichannel Commerce Mekari Akuisisi Desty

Discussion about this post

Recent Updates

Influencer marketing

Tingkatkan Upaya Influencer Marketing, Wings Group Gandeng AnyMind Group

15 Oktober 2025
HelloBeauty

Transformasi HelloBeauty, dari Marketplace ke Spesialis Makeup Profesional On-Demand

15 Oktober 2025
CASA, Asosiasi Kreator Konten Untuk Bangun Kolaborasi Yang Transparan

CASA, Asosiasi Kreator Konten Untuk Bangun Kolaborasi Yang Transparan

15 Oktober 2025
Roblox

Dampak Ekonomi Roblox terhadap Developer di Indonesia

15 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Influencer marketing

Tingkatkan Upaya Influencer Marketing, Wings Group Gandeng AnyMind Group

15 Oktober 2025
HelloBeauty

Transformasi HelloBeauty, dari Marketplace ke Spesialis Makeup Profesional On-Demand

15 Oktober 2025
CASA, Asosiasi Kreator Konten Untuk Bangun Kolaborasi Yang Transparan

CASA, Asosiasi Kreator Konten Untuk Bangun Kolaborasi Yang Transparan

15 Oktober 2025
Roblox

Dampak Ekonomi Roblox terhadap Developer di Indonesia

15 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version