Berkat Usaha Kue Mahasiswi UNS Juarai Kompetisi UMKM Nasional

Fiska Amanda Putri dan brownies Lur. (Foto: istimewa/UNS)

youngster.id - Mahasiswa didorong untuk memiliki semangat kewirausahaan. Hal ini dibuktikan oleh Fiska Amanda Putri mahasiswi Universitas Sebelas maret (UNS) Surakarta dengan membangun bisnis kue brownis Lur.  Berkat usaha itu, dia berhasil meraih juara pertama Expo UMKM Competition 2020 tingkat nasional.

Kompetisi tersebut merupakan rangkaian acara Indonesia Agribusiness Fair 2020 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Oktober 2020.

Fiska merupakan wirausahawan muda yang memiliki usaha di bidang kuliner berupa makanan ringan yaitu Kue Brownies yang dinamai dengan “Bronis Lur”.

“Bronis Lur merupakan produk brownies yang saya inovasikan dengan mengganti bahan baku utama berupa tepung terigu menjadi tepung beras merah organik sehingga produk Bronis Lur Glueeten Free. Saat ini, saya juga telah berinovasi membuat Bronis Lur Chips dan Cookies supaya bisa menjangkau pasar dari Sabang sampai Merauke,” ungkap Fiska yang dilansir laman UNS, Kamis (10/12/2020).

Mahasiswi semeseter akhir program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan itu menjelaskan bahwa Bronis Lur Chips dan Cookies dapat bertahan hingga 4 bulan masa simpan dalam suhu ruangan. Variasi rasa yang dihadirkan yaitu cokelat, susu, dan matcha dengan pilihan topping almond, kacang sangria, chocochip, dan keju.

Hal tersebut yang diunggulkan oleh produk milik Fiska dalam kompetisi Indonesia Agribusiness Fair 2020 sehingga dapat mengalahkan puluhan peserta lain baik dari mahasiswa maupun masyarakat umum

“Alhamdulillah saya senang sekali bisa dapat juara 1, apalagi peserta kompetisi ini tidak hanya untuk mahasiswa, tetapi juga untuk umum. Jadi, pesertanya para pemilik UMKM yang ada di Indonesia. Saya kaget juga saat tahu bahwa saya adalah peserta termuda di kompetisi ini,” ungkapnya.

Fiska berharap melalui capaian ini dapat menjadi pemacu semangat untuk terus berkarya dan mengembangkan bisnis Bronis Lur.

Kompetisi tersebut dilakukan secara daring melalui beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran hingga presentasi 5 besar finalis. Pendaftaran dilakukan pada 19-25 September 2020, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan poster dan video pada 27-29 September, lalu Expo UMKM dan karantina pada 30 September-1 Oktober, dan ditutup dengan presentasi serta pengumuman pemenang pada 5 Oktober 2020.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version