Biola Elektrik Berbahan Rotan Karya Mahasiswa ITB

Biola berbahan rotan. (Foto: ITB/youngster.id)

youngster.id - Tim Fakultas Seni Rupa ITB berinovasi dengan menciptakan produk biola listrik dengan menggunakan bahan rotan. Produk biola rotan tersebut ditampilkan pada pameran Poster dan Produk Hasil Program Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Inovasi (P3MI) Institut Teknologi Bandung.

“Kenapa kami buat biola yang elektrik ini? Karena saya juga tidak berani mengubah-ubah desain ruang akustik. itukan ada hitungan bakunya. Jadi saya buat yang elektrik biar puas eksplorasi desainnya,” kata Andar yang dilansir Humas ITB Senin (28/1/2019).

Bersamaan rekan timnya di Fakultas Seni Rupa ITB, Andar menuangkan kreatifitas dan imajinasi mereka dalam merancang biola elektrik dengan desain futuristik dan ergonomis. Rotan dipilih karena karakter materialnya kuat dan juga fleksibel. Selain itu, tersedia melimpah di Indonesia.

Dia menjelaskan, produksi biola elektrik ini menggunakan dua bahan utama. Pertama desainnya menggunakan rotan sebagai fingerboard atau tempat main biola meletakkan jarinya. “Kalau kami pakai filamen plastik dan rotan sebagai kolaborasi, ini juga sebagai representasi desain natural dan sintesis,” kata Andar.

Baca juga :   Cashbac dan McDonald’s Indonesia Dorong Milenial Bertransaksi Non Tunai

Selanjutnya, untuk badan atau bodi dan penyangga utama. Biola elektrik ini menggunakan filamen plastik ABS dari 3D printer. Penggunaan filamen karena disebabkan oleh keterbatasan rotan dalam memenuhi bentuk yang diidamkan.

“Saya mendesain agar nyaman dengan penggunanya. Jadi walaupun bentuknya tidak seperti biola pada umumnya, saya bisa menjamin keamanan yang sama tidak akan hilang,” sambungnya.

Kedepannya, ia berharap bisa melakukan eksplorasi dari sisi material maupun desain terhadap instrumen lainnya. “Kalau untuk biola ini, jika memang sukses. Harapannya akan diproduksi massal ya. Selain itu, kedepannya mudah-mudahan ada karya yang lebih baik lagi,” tutupnya.

FAHRUL ANWAR