HerPad, Alat Pendeteksi Penanganan Dini Untuk Kanker Servicks

Hibrar Syahrul Gafur juara KYIA 2018. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Hibrar Syahrul Gafur, mahasiswa Menejemen Rekayasa Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat produk inovasi berupa pembalut pendeteksi kanker serviks. Berkat itu, dia pun meraih juara perta ajang Kino Youth Award (KYIA).

“Her Pads adalah produk inovasi yang saya lombakan. Her Pads adalah produk inovasi dibidang kesehatan yaitu pembalut pendeteksi kanker servicks,” ungkap Hibar yang dilansir Humas ITB, baru-baru ini.

Lebih lanjut, ia menambahkan ide inovasi Her Pads yang dikerjakan selama 3 bulan awalnya terinspirasi dari sang ibu yang mencoba berjuang dari penyakit kanker servick dalam melakukan pencegahan dini yang lebih cepat. “Saya berharap dengan karya ini bisa membantu masyarakat dan bisa merasakan manfaat dari Her Pads ini,”ujarnya berharap.

Her Pads bukanlah produk inovasi pertama bagi Hibar. Sebelumnya ia pernah mengembangkan inovasi sepatu listrik anti pelecehan seksual dan melalui inovasi ini, Hibar mendapatkan medali emas kategori safety and healtg dalam kompetisi International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2013.

Baca juga :   Lazada Hadirkan Microsite Medan Store

Ajang KYIA merupakan penghargaan yang diberikan kepada generasi muda atas ide inovasi yang mereka ciptakan kemudian dilombakan dalam kompetisi.

Melalui tema “Empower Life Through Nature Leveranging Indonesian Natural Resoorce for Sustainable Development in Famous wit Current Trend, KYAI 2018 diawali dengan roadshow ke-20 universitas di Indonesia dan juga telah menyaring 10 dari 327 proposal untuk maju ke babak final.

FAHRUL ANWAR