LIB, Baterai Inovatif dari UNS dan Pertamina Yang Dipakai Industri Militer

Baterai lithium. (Foto: ilustrasi/youngster.id)

youngster.id - Universitas Sebelas Maret (UNS) dan PT Pertamina (Persero) berhasil memproduksi baterai isi ulang yang inovatif bernama Lithium Ion Batery (LIB). Baterai ini diciptakan sebagai gerakan move on ke energi terbarukan.

LIB mampu mengisi daya lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan daya yang lebih tinggi dalam kemasan yang lebih ringan. Jenis baterai ini bisa digunakan pada peralatan elektronik konsumen, industri militer, kendaraan listrik, dan dirgantara.

Kerennya, jika LIB digunakan pada motor listrik, mampu menempuh jarak 80-100 kilometer hanya dengan biaya Rp5.000. Satu unit battery pack nantinya akan memiliki kapasitas 3 kWh untuk motor listrik dengan kekuatan 5 kW atau lebih kurang setara dengan mesin motor dengan pembakaran internal berkapasitas 125-150 cc.

LIB produksi Pertamina – UNS ini adalah produk yang pertama karya anak bangsa. Dibuat pada skala demonstration plant yang siap untuk dikomersialisasikan di mana riset formula hingga scale-up dilakukan oleh anak bangsa.

Adapun baterai ini menjadi energi yang ramah lingkungan pengganti energi fosil untuk kendaraan bermotor. Ini juga sejalan dengan agenda pemerintah untuk menggunakan listrik sebagai pengganti kendaraan bermotor ICE pada tahun 2040.

Baca juga :   Lazada Kembali Gelar Big Baby Fair

STEVY WIDIA