Mahasiswa UNP Ciptakan Mobil Listrik

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatra Barat, berhasil menciptakan prototipe mobil listrik. Mobil itu mampu melaju hingga kecepatan 43 km per jam menggunakan penggerak motor listrik.

“Mobil ini tenaga penggeraknya motor listrik yang sumber pengapiannya berasal dari baterai berkapasitas 48 volt, mampu menempuh jarak 40 kilometer sekali jalan,” kata Aghel Novrinandhes, salah seorang pembuatnya, seperti dilansir dari Antara.

Prototipe mobil ini dibuat oleh delapan mahasiswa sebagai bagian dari tugas akhir penyelesaian studi di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNP, yaitu Fajar Wandra, Veby Prima Putra, Rolanda Putra, Suiseki Fadhail, Reodhy Hamzah, Fitrah Muhammad, Irawanta, dan Aghel Novrinandhes. Sistem operasi mobil tersebut menggunakan tiga baterai dengan arus 12 volt untuk menggerakkan motor listrik yang dipasang pada bagian belakang mobil.

Setelah diuji coba, mobil dengan dimensi panjang 2,5 meter dan lebar 1,1 meter itu membutuhkan waktu isi ulang baterai selama tiga jam dan menggunakan motor listrik dengan putaran konstan. Mobil yang menyerupai desain mobil formula satu tersebut menggunakan ban dengan diameter 20 cm. Kendaraan ini mampu mengangkut beban seberat 90 kg.

Bodi mobil menggunakan fiber, dan rangkanya memakai besi yang dirangkai. Untuk suspensi, memakai empat shock breaker tunggal. Alat itu dipasang pada masing-masing ban dan bertumpu pada rangka kendaraan. Sementara, setir menggunakan gear box dengan radius belok 15 derajat dan menggunakan rem cakram pada roda belakang.

“Butuh waktu enam bulan untuk menyelesaikan mobil tersebut. Sedangkan biaya yang dihabiskan sebanyak Rp 20 juta,” ujar Aghel.

 

ANGGI AJI SAPUTRA

Editor : STEVY WIDIA

Exit mobile version