Energi Listrik Dari Anak Tangga

youngster.id - YOUNGSTERS.id – Energi terbarukan terus dicari demi memenuhi kebutuhan umat manusia. Dan terkadang masalah itu terpecahkan hanya dengan kegiatan sederhana, seperti pijakan pada anak tangga dapat menciptakan energi listrik.Sekelompok mahasiswa Teknik Elektro Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya berhasil menciptakan energi listrik dari pijakan anak tangga, sebagai alternatif pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan.

“Pijakan anak tangga yang menggunakan gaya pegas naik turun tersebut difungsikan sebagai penggerak utama roda gigi. Penggerak utama roda gigi inilah yang merupakan sumber tenaga penggerak generator DC maupun sebagai alternator penghasil listrik ,” kata Radityo Jalu Atmojo salah satu perancang anak tangga pembangkit listrik, di Surabaya seperti dikutip Antara baru-baru ini.

Radityo mengatakan, prinsip kerja dari pijakan anak tangga menggunakan gaya pegas yang bergerak naik turun, serta dihubungkan dengan pijakan anak tangga sebagai fungsi penggerak utama roda gigi. Rekannya, Saiful Efendi menambahkan dalam mekanisme dan perancangannya alat tersebut tetap menggunakan ukuran standar dari anak tangga, supaya ketika digunakan oleh peraga alat tersebut aman.

“Untuk anak tangga ini kami menggunakan ukuran standar dan kemiringan standar, yaitu menggunakan sudut 40 derajat dan kemiringan 45 derajat, sehingga tetap memperhatikan faktor keselamatan,” terang Saiful.

Lebih lanjut keduanya mengungkapkan, posisi pegas diletakkan di bawah setiap sisi pijakan anak tangga yang digabungkan dengan roda gigi dengan posisi vertikal, sedangkan roda gigi saling dihubungkan menggunakan rantai untuk menggerakkan gigi utama yang posisinya berada satu poros dengan alternator sebagai penghasil listrik.

 

Anggie Adjie Saputra

Editor : Stevy Widia

Exit mobile version