Mobil Formula Hybrid Dari Imogiri

Siswa SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Yogyakarta dan mobil formula hybrid. (Foto: Istimewa/Youngster.id)

youngster.id - Siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Yogyakarta berhasil membuat mobil formula hybrid. Mobil berkapasitas 1.500cc yang memiliki dua sumber tenaga hybrid yakni listrik dari tenaga surya serta bensin tersebut diklaim dapat melaju dengan kecepatan maksimal 150 km/jam.

Ketua tim perakitan mobil Formula Hybrid, Ade Rivan Hidayatullah (19) menjelaskan, mobil ini dirakit mulai Maret 2016. Proses pembuatan memakan biaya Rp 150 juta selama 2 bulan.

“Pakai dua tenaga, motor bensin dan tenaga Surya. Untuk kecepatan, motor bensin bisa 130 km/jam, sedangkan hybridnya sampai 80 km/jam,” kata Ade dalam Gelaran Unjuk Kerja Pendidikan dan Kebudayaan Rabu (7/2/2018) di Pusdiklat Kemendikbud, Bojong Sari, Depok, Jawa Barat.

Menurut dia, ide mengembangkan mobil balap tenaga hibrid ini karena ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) yang semakin menipis.

“Kami ciptakan inovasi mobil yang bisa dinyalakan dengan menggunakan dua tenaga, yaitu motor listrik dan bensin. Ini untk efisiensi BBM, karena mesin tetap bisa nyala dengan tenaga listrik,” katanya.

Baca juga :   Mendikbud Luncurkan Mobil Formula Hybrid Karya Siswa SMK

Mobil hybrid ini mampu melaju 100 km/Jam jika menggunakan tenaga listrik dan 150 km/Jam jika menggunakan bahan bakar bensin.

“Mobil ini bisa bekerja secara bergantian, bisa dengan baterai listrik yang sudah dicharge atau bensin. Kapasitas tangki bensin sebanyak 15 liter,” ujar Ade.

Tim ini juga beranggotakan Adon Vendy Pradana, Rafif Yudhi Arizal,Nasyid Muzaki, dan Ediy Sopyan merupakan siswa kelas 2 dan Kelas 3 Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengapresiasi karya para siswa ini. “Ini salah satu wujud nyata apa yang dicapai siswa SMK Muhammadiyah Imogiri ini, semoga bisa memberi contoh siswa lain,” ungkapnya.

 

STEVY WIDIA