Tim Mahasiswa Polinema Desain Kapal Ikan Yang Hemat dan Ramah Lingkungan

Polinema di Marinesia

Tim mahasiswa Polinema di Marinesia 2023. (Foto: istimewa)

youngster.id - Tim mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) mendesain kapal ikan Benkreat Hydrotech yang hemat dan ramah lingkungan. Berkat desain inovatif ini, mereka berhasil meraih juara ketiga pada ajang Biseang di Marine Innovation Festival Indonesia 2023 (Marinesia 2023).

Tim dari Himpunan Mahasiswa Mesin Polinema ini terdiri dari Abdul Aziz dari Prodi D-4 Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Arghiansyah Bayu Pratama, dan Muchammad Pattih Rajawane dari Prodi D-4 Teknik Otomotif Elektronik. Mereka mendapat bimbingan langsung dari dosen pembimbing, AM Muffarih.

“Inovasi kami berjudul Inovasi Penangkapan Ikan Menggunakan Teknologi Sonar dengan Purse Seine dan Sistem Pendingin On-Board Menggunakan Panel Surya dan Thermoelectric Generator,” kata Aziz mewakili rekan-rekannya, dalam siaran pers Vokasi Kemdikbud, Senin (22/5/2023).

Aziz mengatakan inovasi kapal ini masih dalam tahap desain. Namun, pengembangan kapal penangkap ikan ini sangat berpeluang dikembangkan menjadi produk karya nyata.

Dia juga mengatakan, inovasi tim Benkreat Hydrotech ini memiliki beberapa manfaat, yaitu mengurangi penggunaan bahan bakar, mengurangi emisi karbon, dan menghemat biaya. Aziz menuturkan dalam beberapa kasus, sistem pendingin on-board menggunakan mesin diesel untuk menggerakkan sistem pendingin.

“Dengan beralih ke panel surya dan thermoelectric generator, penggunaan bahan bakar bisa dihindari atau setidaknya dikurangi sehingga bisa lebih hemat,” tutur Aziz.

Selain itu Azis menjelaskan, sistem pendingin on-board yang menggunakan panel surya dan thermoelectric generator dapat membantu mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh kapal. Sehingga, desain kapal ini akan lebih ramah lingkungan.

Penggunaan panel surya dan thermoelectric generator ini juga dapat menghemat biaya karena tidak perlu membeli bahan bakar untuk sistem pendingin.

Marinesia 2023 diselenggarakan oleh Fakultas Teknik, Departemen Sistem Perkapalan, Universitas Hasanuddin Makassar pada 7—12 Mei 2023. Lomba diikuti tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, di antaranya Politeknik Negeri Malang, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin Makassar, Institut Teknologi Sumatera, dan Universitas Sumatera Utara.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version