10 Merek Indonesia Tereksis Versi Twitter

twitter

Twitter. (Foto: Ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Twitter mengumumkan 10 merek Indonesia yang paling eksis di platform media sosialnya. Daftar 10 top brand tersebut didominasi oleh industri e-commerce, teknologi, dan finansial. Twitter adalah platform media sosial berbasis minat.

 “Twitter adalah platform berbasis minat. Masyarakat Indonesia menggunakan platform ini untuk berinteraksi, mengikuti, serta mencari informasi tentang brand. Selain itu, mereka juga membentuk apa yang terjadi di Twitter dan hal inilah yang membuat Twitter unik. Masyarakat Indonesia menggunakan platform ini untuk berinteraksi, mengikuti, serta mencari informasi tentang brand,” kata Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia & Malaysia dalam siaran pers, Jumat (2/8/2017) di Jakarta.

Menurut dia, tidak hanya influensial, pengguna Twitter juga terbuka terhadap informasi dan berita-berita baru. Karena itu lah, brand menaruh perhatian besar terhadap platform kami sehingga semakin banyak orang datang ke Twitter.

“Dilihat dari daftar top brand di Twitter pada tengah tahun pertama 2019, banyak brand menggunakan Twitter untuk terhubung dan berinteraksi dengan beragam komunitas yang ada di platform kami. Dari industri e-commerce, teknologi, hingga perbankan; banyak brand menggunakan Twitter secara konsisten sebagai platform untuk memperkuat kehadiran mereka di ranah digital, sekaligus menciptakan percakapan yang dapat membantu meningkatkan top of mind,” tambah Dwi.

Dwi menyebut, ada beberapa strategi yang dapat digunakan oleh pemilik merek untuk terus terhubung dengan audiens mereka. Di antaranya adalah menggunakan video. Menurutnya, konsumsi video masyarakat Indonesia meningkat 150% pada semester I 2019, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jumlah video yang diunggah di Twitter meningkat signifikan dan brand telah menyadari pengaruh besar dari konten tersebut.

Berkolaborasi dengan pihak ketiga telah menjadi tren di kalangan 10 top brand di Twitter. Hal ini terlihat dari banyaknya brand yang menggunakan platform digital dan meneruskan percakapan di Twitter.

Selain itu, pengguna Twitter mempunyai pengaruh besar serta sangat terbuka terhadap beragam ide, produk, dan layanan baru. Mereka senang menjadi yang pertama untuk mencoba dan membeli. Penting bagi brand untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter dan komunitas di Indonesia guna membangun kepercayaan dan pada akhirnya dapat mencapai target atau objektif bisnis. Beberapa brand sudah aktif dengan konten always-on mereka sejak kuartal pertama 2019.

Sebagai platform berbasis minat, komunitas di Twitter berkomunikasi satu sama lain mengenai topik dan tema tertentu yang sesuai dengan minat mereka. Apapun jenis percakapan dari komunitas ini, semuanya terjadi di Twitter. Beberapa percakapan paling populer di Twitter di Indonesia terjadi secara real-time yaitu seputar film-film terbaru, musik, olahraga dan beragam isu terkait lingkungan. Brand terus berupaya “terlibat” dalam percakapan di Twitter seputar tren-tren terkini dan memanfaatkan momen-momen penting untuk menjangkau lebih banyak pengguna di Twitter yang influensial.

Berikut ini adalah 10 top brand di Twitter di Indonesia (1 Januari – 30 Juni 2019):

1.     Tokopedia (@tokopedia)

2.     Grab Indonesia (@GrabID)

3.     Bank Mandiri (@bankmandiri)

4.     OPPO Indonesia (@OPPOIndonesia)

5.     Shopee Indonesia (@ShopeeID)

6.     Bukalapak (@bukalapak)

7.     Samsung Indonesia (@samsungID)

8.     Tiket.com (@tiket)

9.     Bank BCA (@BankBCA)

10.  Gojek Indonesia (@gojekindonesia)

STEVY WIDIA

Exit mobile version