11 Film Pilihan BEKRAF Lewat Program LOCK 2019

Bekraf dukung film pendek Kado dari Miles Films ke Sundance Film Festival, AS. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengumumkan 11 proyek film terpilih yang lolos seleksi Laboratorium Olah Cerita dan Kisah (LOCK) 2019. Seluruh proyek film yang terpilih akan ikut rangkaian acara LOCK 2019 pada 21–28 Agustus 2019 di Jakarta.

Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif Bekraf Poppy Savitri menyatakan, Bekraf bekerja sama dengan Yayasan Cipta Citra Indonesia (YCCI). Kesempatan pendaftaran terbuka untuk kategori penyuntingan bagi film dokumenter panjang dan pendek, serta kategori pengembangan cerita yang hanya untuk film fiksi.

“Program ini hadir untuk menggali gagasan-gagasan baru yang lebih segar dan beragam dalam penceritaan film Indonesia, sekaligus meningkatkan kapasitas pembuat film nasional,” kata Poppy dalam keterangan resmi, Selasa (3/7/2019) di Jakarta.

Menurut Poppy ada sebanyak 66 proyek yang daftar terdiri dari 61 film fiksi dan 5 film dokumenter. Para pemenang seleksi tersebar dari Jakarta, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Makassar, dan Palu.

Seluruh peserta dan masing-masing proyek akan mendapatkan pembinaan dalam pengembangan dalam pembuatan serta bisnis perfilman. Setiap proyek juga akan mendapatkan sesi konsultasi khusus, diskusi kelompok, sesi kuliah umum dengan mentor internasional, dan pertemuan dengan perwakilan asosiasi film Indonesia.

Para mentor merupakan praktisi dan ahli di bidang produksi dan penulisan cerita film. Semua mentor akan memberikan kritik dan saran secara intensif kepada peserta selama program LOCK 2019 berlangsung.
Para mentor terdiri dari  pengagas First Cut Lab Matthieu Darras. Selain itu, ada lagi sutradara dan penulis profesional seperti Sebastian Winkels (Jerman) Ayman El-Amir (Mesir) dan Marcelo Martinessi (Paraguay) serta dua produser andal, Didar Domehri (Perancis) dan Tatiana Leite (Brasil).

Poppy juga mengungkapkan, program adalah bentuk usaha pemerintah mendorong film Indonesia tampil lebih sering lagi di forum-forum Internasional. “Semoga para peserta terpilih ini dapat menjadi penggerak untuk semakin memajukan perfilman nasional di mata dunia,” ujarnya.

Berikut 11 peserta terpilih LOCK 2019:

Kategori Pengembangan Cerita

Kategori Penyuntingan – Fiksi

WALIALA Director: Rachmat Hidayat Mustamin Editor: Feranda Aries Producer: Zhaddam Aldhy Nurdin Imitation Film Project Makassar

Kategori Penyuntingan – Dokumenter

YOU AND I Director: Fanny Chotimah Editor: Angen Sodo Producer: Amerta Kusuma, Yulia Evina Bhara, Tazia Teresa Darryanto KawanKawan Media Jakarta

THE JOURNEY Director: Maulana M. Syuhada Editor: Angga Hamzah Firdaus Producer: Sofyana Ali Bindiar Sembilan Matahari Film Bandung.

Exit mobile version