12 Mahasiswa Indonesia Tampil di Ajang The International Mathematics Competition

Matematika

Matematika. (Foto: ilustrasi/istimewa)

youngster.id - Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) mengirim 12 mahasiswa sebagai delegasi Indonesia untuk bertanding secara daring di ajang The International Mathematics Competition (IMC) ke-29 di Blagoevgrad, Bulgaria.

The International Mathematics Competition (IMC) merupakan kompetisi bergengsi tahunan di bidang matematika yang telah diselenggarakan sejak tahun 1993 . IMC pada tahun ini diikuti oleh sekitar 800 peserta dari 63 negara dan 222 universitas yang berkompetisi pada 1-7 Agustus 2022.

Delegasi Indonesia yang berada dibawah naungan Pusat Prestasi Nasional tergabung pada tim nasional yaitu Indonesia Math Team yang terdiri dari 12 orang mahasiswa. Mereka merupakan pemenang Kompetisi Nasional Matematika dan IPA (KNMIPA) Tahun 2021 di bidang matematika.

“Semoga menjadi pemicu motivasi dan semangat bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat memicu inovasi dan kreativitas di masa pemulihan pandemi ini. Tetap semangat berprestasi dari rumah, jujur itu juara,” kata Asep Sukmayadi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional dalam siaran pers, Jumat (5/8/2022).

Kedua belas peserta tersebut adalah Fahreezan Sheraz Diyaldin (Universitas Gadjah Mada), Steven Fernaldy Tanno (Universitas Indonesia), Abdillah Ahmad (Institut Teknologi Bandung), I Komang Sadhu Gunawan (Universitas Gadjah Mada), Fani Haerul Anam (Universitas Gadjah Mada), Muhammad Husnul Khuluq (Universitas Brawijaya), Aditya Wiranto (Institut Teknologi Bandung), Jeki Saputra (Universitas Hasanuddin), Fevin (Universitas Sumatera Utara), Arief Ranchman (Universitas Negeri Surabaya), Yuda Widanto (Universitas Sanata Dharma) dan Muhammad Nur Fadli (Universitas Diponegoro).

Pelaksanaan tes menghadirkan soal-soal meliputi bidang aljabar, analisis real dan kompleks, geometri, serta kombinatorika. Pihak penyelenggara menyediakan empat soal uraian setiap harinya, dengan waktu penyelesaian selama 4 jam. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengoreksian dan moderasi yang dilakukan oleh juri dan team leader dan terakhir pengumuman pemenang yang akan dilaksanakan pada 6 Agustus 2022.

Seluruh tahapan kompetisi diselenggarakan secara daring dengan penggunaan aplikasi Zoom sebagai media pengawasan dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 global yang masih fluktuatif.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version