120 Sekolah Di Jateng Dapatkan Akses Internet Cepat

XL Axiata meluncurkan Gerakan Donasi Kuota (GDK) untuk sekolah di Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan penyalurkan donasi kuota akses internet cepat ke Jawa Tengah. Kali ini, ada 120 sekolah tingkat SMA dan SMK yang menerima donasi Program Gerakan Donasi Kuota tersebut. Mereka tersebar di 19 kota/kabupaten. Penyerahan donasi berlangsung di SMAN 1 Kendal, pekan lalu.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan penyerahan donasi kuota akses internet cepat ini di serahkan bertepatan dengan masa menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kami berharap donasi berupa akses ke internet cepat berikut dapat membantu meningkatkan kesiapan pihak sekolah dalam menyediakan fasilitas akses internet yang lebih baik untuk keperluan UNBK, ” kata Tri Wahyuningsih melalui siaran pers Selasa (3/4/2018).

Tri Wahyuningsih menambahkan, donasi kuota dari XL Axiata ini bisa dimanfaatkan lebih lanjut oleh sekolah-sekolah penerima untuk kebutuhan yang lebih besar lagi, yaitu meningkatkan kualitas layanan pendidikan mereka. Ketersediaan kuota akses internet dan data akan bisa meningkatkan pula akses mereka ke sumber-sumber informasi yang diperlukan bagi peningkatan kompetensi dan kapasitas sekolah.

Baca juga :   BEI Buka IDX Incubator Bagi Startup

Dengan demikian XL Axiata berharap, melalui 120 sekolah tersebut, donasi kuota ini bisa dirasakan manfaatnya oleh sedikitnya 36 ribu siswa. Pemilihan sekolah penerima mengacu pada arahan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah mengenai sekolah-sekolah yang sudah sangat membutuhkan akses internet cepat untuk keperluan belajar dan mengajar, serta kesiapan mereka untuk menggunakan akses internet.

Saat ini, pihak XL Axiata sendiri telah menyesuaikan pemilihan sekolah tersebut dengan kemampuan jaringan data/internet cepat 4G/3G di lokasi sekolah-sekolah itu berada. Jaringan internet cepat 4G LTE XL Axiata sudah masuk ke semua kota/kabupaten di Jawa Tengah.

Sementara itu, distribusi ke setiap kota/kabupaten masing-masing adalah Kota dan Kabupaten Semarang sebanyak 20 sekolah, Salatiga 9, Kendal 9, Banjarnegara 3, Banyumas 9, Batang 2, Blora 1,Boyolali1,Cilacap 8,Demak 1,Jepara 1, Kebumen 8, Kudus 3, Pati 1, Pemalang 9, Pekalongan 4, Purworejo 3, Rembang 1, Surakarta 5, Purwokerto 5, dan Tegal 17.

Kabarnya, seluruh sekolah yang menerima program ini menerima kuota sebesar 20 GB setiap bulan selama 12 bulan atau total 240 GB. Selanjutnya, mereka juga akan mendapatkan 1 unit router XL Home, berkecepatan tinggi, yang dapat diakses 32 siswa. XL Axiata juga akan mengundang pemimpin organisasi siswa (OSIS) sekolah-sekolah tersebut dalam pelatihan kepemimpinan XL Axiata Youth Leadership Camp.

Baca juga :   SIDES Jadi Konten Ekslusif Afgan Dari Yonder dan XL

Sejak diluncurkan pada Agustus 2018 lalu, Program Gerakan Donasi Kuota sudah terimplementasi di Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah. Total ada 503 sekolah yang telah menerima donasi kuota dan bisa dimanfaatkan oleh sedikitnya 150 ribu siswa.

XL Axiata meluncurkan “Gerakan Donasi Kuota” (GDK) guna menggalang partisipasi pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk secara sukarela mendonasikan kuota miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia tersebut.

Pada dua tahun pertama, XL Axiata mentargetkan donasi ini akan bisa tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Dengan demikian diharapkan ratusan ribu siswa akan bisa mendapatkan manfaat dari program. XL Axiata berharap melalui program ini akan mampu memfasilitasi sebagian besar sekolah yang berada di dalam area jangkauan layanan data miliknya, baik 3G maupun 4G LTE.

 

FAHRUL ANWAR