youngster.id - Facebook telah menggelar kampanye Ramadhan online dengan tajuk Bulan Kebaikan. Dalam kampanye itu, Facebook mencatat ada lebih dari 15 juta orang Indonesia yang saling bertukar pesan, seperti ‘Happy Ramadhan’ dan ‘Happy Eid’.
Country Director Facebook di Indonesia Pieter Lydian mengatakan, Facebook mengajak para pengguna membagikan cara maupun ide menjelajahi, menginspirasi, dan mengekspresikan kebaikan di Facebook, Instagram termasuk WhatsApp.
“Tren dan data selama Ramadhan tahun ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang kami sediakan membantu banyak orang di Indonesia saling berbagi kehangatan, kebaikan dan merayakan kebersamaan secara online di bulan yang suci,” tutur Pieter dalam keterangan resmi Senin (31/5/2021).
Menurut dia, sepanjang Ramadhan tahun ini, orang-orang terus memberikan ucapan selamat Ramadhan yang diikuti Selamat Lebaran di Facebook maupun Instagram.
Selain itu, dalam Ramadhan tahun ini, orang-orang juga semakin terhubung melalui Facebook. Ada lebih dari 500 ribu di Indonesia yang bergabung di lebih dari 5.000 grup Facebook terkait Ramadhan untuk 2021.
Interaksi selama Ramadhan juga menjadi lebih bermakna dan ekspresif dengan stiker khusus yang ada di Instagram. Facebook mencatat stiker ini telah digunakan sebanyak 6 juta kali dan avatar khusus ‘Ramadhan Kareem’ yang menjadi paling populer di Indonesia.
Facebook juga menyebut ada lima GIF paling populer di Instagram selama Ramadhan di Indonesia, seperti ‘Marhaban Ya Ramadan’, ‘Ramadhan Karim’, hingga ‘Ramadan Mubarak’.
Deretan kudapan berbuka puasa juga banyak dibicarakan seperti gorengan, es campur/es buah, dan puding roti. Sementara saat Lebaran, makanan yang paling banyak diperbincangkan adalah ketupat, rendang, dan opor ayam.
STEVY WIDIA
Discussion about this post