20 Mitra Gerakan Nasional Literasi Digital Peroleh Penghargaan Siberkreasi Award 2022

Siberkreasi Netizen Fair

Siberkreasi Netizen Fair (Foto: istimewa/kominfo)

youngster.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi memberikan apresiasi kepada 20 mitra Gerakan Nasional Literasi Digital dalam Siberkreasi Netizen Fair (SNF).

SNF 2022 adalah puncak selebrasi kegiatan literasi digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital masyarakat serta mendorong kolaborasi multistakeholders untuk literasi digital dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan yang mengatakan bahwa aktivitas di ruang digital masyarakat Indonesia sangat banyak. Masyarakat harus lebih cerdas, kritis dan produktif di ruang digital.

“Setiap aktivitas kita di ruang digital merupakan rekam jejak digital kita. Kita perlu berhati-hati sebelum kita posting. Apa yang kita posting di sosmed, seumur-umur akan ada di dunia digital dan dapat dicari. Maukah kita meninggalkan jejak kepada anak cucu kita yang negatif? Seharusnya kita meninggalkan jejak yang inspiratif,” kata Semuel dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Penyelenggaraan SNF 2022 terdiri dari 10 kelas workshop, 6 sesi talkshow OOTD, dan Siberkreasi Award yang secara hybrid dihadiri sekitar 665 peserta offline dan lebih dari 1400 peserta online.

Menurut Semuel, Berdasarkan laporan We Are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. Jumlah itu telah meningkat 12,35% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebanyak 170 juta orang. Melihat peningkatan jumlah pengguna aktif media sosial tersebut, menunjukkan adanya potensi warganet untuk mengembangkan konten positif di ruang digital. Oleh karena itu, pada SNF 2022 diselenggarakan cipta konten positif.

Siberkreasi Award merupakan ajang apresiasi dengan memberikan penghargaan kepada kreativitas warganet Indonesia dari lomba dan challenge yang diadakan oleh Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi. Selain itu, Siberkreasi Award juga mengapresiasi seluruh mitra jejaring Siberkreasi yang paling berkontribusi dalam Gerakan Nasional Literasi Digital.

Selain itu, dalam SNF 2022 juga diberikan penghargaan kepada 20 Mitra Jejaring Siberkreasi terpilih di antara 115 mitra jejaring GNLD Siberkreasi yang telah berjuang di ranah literasi digital, dengan harapan agar mitra-mitra tersebut menjadi api bagi mitra lainnya untuk semangat berkegiatan di ranah literasi digital.

 

STEVY WIDIA

 

Exit mobile version