2017, Balai Pustaka Targetkan Bangun 1.000 Taman Bacaan

Balai Pustaka akan mendirikan 1.000 Taman Bacaan di seluruh Indonesia. (Foto: Ilustrasi/Youngsters.id)

youngster.id - Pemerintah menggelar program Gerakan Indonesia Membaca. Sebagai korporasi pelestari dan pengembang budaya bangsa, Balai Pustaka mendukung gerakan itu dengan mendirikan 1.000 Taman Bacaan di seluruh Indonesia.

“Pada Tahun 2017 ini Balai Pustaka mentargetkan 1.000 Taman Bacaan, dan saya berharap target tersebut dapat tercapai,”kata Direktur Utama Saiful Bahri dalam pidatonya pada acara peringati 100 tahun Balai Pustaka, Rabu (8/2/2017) di Jakarta. Dalam acara itu, diluncurkan logo 100 tahun Balai Pustaka.

Saiful Bahri menambahkan, dalam usia 100 tahun Balai Pustaka membangkitkan kembali perannya sebagai episentrum pengembang karakter bangsa untuk menumbuhkan rasa nasionalisme segenap komponen bangsa yang akhir-akhir ini semakin luntur.

Ia mengatakan hasil survei menunjukkan rendahnya budaya literasi kita, Indonesia berada pada nomor ke-60 dari 61 negara yang disurvei. “Sebab itu, bukan tidak mungkin rendahnya budaya literasi menimbulkan berbagai hoax (berita bohong),” katanya.

Balai Pustaka mulai merambah bisnis multimedia. Konten pendidikan dan sastra budaya sudah mulai dikemas dalam e-Book, animasi, layar lebar, e-Library, digital, animasi, dan layar lebar.Saiful juga mengatakan Balai Pustaka masuk dalam dalam Cluster National Publishing News Coorporation (NPNC) bersama BUMN Perum LKBN Antara dan Perum Percetakan Negara Indonesia.

“Semoga rencana holding bisa membuat cluster NPNC dan membuat lompatan signifikan,” katanya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version