youngster.id - Jumlah pengguna uang elektronik T-Cash telah mencapai angka 10 juta per akhir tahun 2017. CEO T-Cash Danu Wicaksana bahkan menargetkan pertumbuhan T-Cash memiliki 4 kali lipat dari jumlah pengguna T-Cash akhir tahun ini.
“Kalau dilihat, dari pengguna Telkomsel kan jumlahnya 190 juta lebih, jadi harusnya kami mendapatkan lebih banyak porsi dari pengguna Telkomsel,” kata Danu saat ditemui media usai seminar “Mendorong Terciptanya Inklusi Keuangan Melalui Pemanfaatan Sistem Digital” di Jakarta belum lama ini.
Menurut Danu, dari sisi jumlah, transaksi T-Cash per tahunnya, bisa sekitar 90-100 juta. “Jumlah transaksi T-Cash antara 90-100 juta transaksi per tahun. Bulan November dan Desember tahun 2017 bisa 8 jutaan transaksi per bulannya. Target transaksinya makin besar lagi seiring dengan jumlah pengguna yang ditargetkan meningkat 4 kali lipat dibanding akhir tahun 2017,” ujar Danu.
Tak cuma menargetkan kenaikan jumlah pengguna dan transaksi, Danu juga mengatakan pihaknya punya target untuk meningkatkan jumlah merchant yang bekerja sama dengan T-Cash.
“Saat ini jumlah merchant yang bekerja sama dengan T-Cash sebanyak 40 ribu merchant, kalau tahun ini ditargetkan naik dua kali lipat menjadi 80 ribu merchant,” ujar Danu.
Dia menambahkan, merchant yang bekerja sama dengan T-Cash tak melulu merchant besar seperti Starbucks Coffee atau restoran waralaba McDonald’s. Pelaku usaha kecil dan menengah seperti Kopi Tuku dan lain-lain pun menjadi merchant yang ikut bekerja sama dengan T-Cash. Apalagi, pada2018 ini, bakal makin banyak merchant UMKM yang akan jadi merchant T-Cash.
Adapun langkah yang dilakukan oleh T-Cash agar jumlah penggunanya bisa bertambah sesuai target yang ditentukan, misalnya dilakukan dengan menerapkan sistem agnostic pada T-Cash. Artinya, tak hanya pengguna operator Telkomsel yang bisa memakai T-Cash, melainkan dari operator lainnya seperti Indosat, XL, Smartfren, Tri, dan operator lainnya.
Selanjutnya, Telkomsel juga menjalin kerja sama dengan perbankan. Setelah BTPN, T-Cash juga akan menjalin kerja sama dengan Bank BTN, dan Bank BNI. Sekadar informasi, untuk menggunakan layanan T-Cash, pengguna bisa menggunakan tiga cara, yakni lewat stiker T-Cash yang biasanya ditempelkan pada ponsel, mengakses menu USSD (unstructure supplementary service data) alias menu bintang-pagar, serta melalui aplikasi T-Cash yang bisa diunduh di toko aplikasi.
Menurut Danu, ketimbang menggunakan stiker dan mengakses menu USSD, Telkomsel bakal fokus mengembangkan aplikasi agar makin banyak orang yang menjadi pengguna T-Cash. “Ke depan, aplikasi ini akan didorong terus karena aplikasi merupakan yang paling murah. Kalau stiker kan perlu distribusi stiker, untuk USSD kalau sudah pakai smartphone kan orang malas menggunakan USSD. Jadi, lebih efisien mengembangkan aplikasi,” katanya.
STEVY WIDIA
Discussion about this post