4 Cara Efektif Tingkatkan Nilai Penilaian Akhir Semester (PAS)

PAS - Zenius

4 Cara Efektif Tingkatkan Nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Menjelang akhir tahun, setiap siswa akan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Sesuai namanya, PAS bertujuan untuk menguji capaian pembelajaran siswa selama enam bulan terakhir.

Untuk mencapai nilai terbaik, idealnya setiap siswa memiliki strategi matang dalam menghadapi PAS. Apa saja kira-kira cara efektif untuk mendapat hasil maksimal dalam mengerjakan PAS? Platform edukasi berbasis teknologi Zenius telah merangkum tipsnya sebagai berikut:

Jangan belajar materi dengan SKS (Sistem Kebut Semalam) 

Sebagai seorang siswa, kadang-kadang kita sering menunda belajar karena merasa ujiannya masih lama. Padahal, untuk bisa memahami sesuatu secara menyeluruh, cara paling maksimal adalah dengan melakukan praktik langsung, misalnya dengan mengerjakan contoh-contoh soal ujian PAS berdasarkan materi atau kisi-kisi yang telah diberikan oleh guru.

Zenius sendiri juga telah menyediakan berbagai latihan soal PAS yang dapat kamu gunakan. Latihan ini terbagi dalam dua metode, yaitu PDF Latihan Soal yang menyediakan soal-soal sesuai dengan tingkat pendidikan siswa. Ada pula latihan soal melalui metode deliberate practice. Ini merupakan metode latihan yang efektif karena mendorong siswa untuk membagi materi yang ingin dipelajari menjadi topik-topik yang lebih detail, dan fokus berlatih pada bagian-bagian yang terasa sulit secara bertahap dan terus menerus hingga mencapai tingkat pemahaman yang diinginkan.

Buat grup belajar bareng teman-teman

Selain semangat untuk belajar materi ujian PAS, hal lain terkait persiapan menghadapi ujian semester yang harus kamu ingat adalah membangun hubungan atau circle yang positif dan bisa menjadi penyemangatmu dalam menghadapi ujian PAS. Semangat belajar pun dapat tumbuh berkali-kali lipat saat belajar bersama teman-teman seperjuangan.

Jangan ragu bertanya pada guru

Jika selama proses belajar ada materi yang tidak dapat kamu pahami, jangan pernah merasa ragu untuk bertanya kepada bapak/ibu guru kamu. Ajukan pertanyaan/materi yang terasa masih sulit dimengerti, dan mintalah bimbingan secara intens dari guru yang bersangkutan.

Bagi yang kurang percaya diri untuk bertanya kepada guru di sekolah, kalian juga bisa bertanya pada tutor-tutor Zenius yang asik. Di Live Class gratis Zenius, kalian berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan tutor-tutor Zenius yang siap membantu. Kalian bisa bertanya, membahas latihan soal PAS yang rumit, sampai kalian memahami materi tersebut secara utuh.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan fitur Zenbot yang dapat membantu menguraikan langkah yang tepat untuk menyelesaikan soal yang rumit. Cukup memasukkan gambar melalui kamera di smartphone, kalian akan mendapatkan rekomendasi video dan referensi materi yang dapat membantu kalian menjawab soal sulit tersebut.

Maksimalkan waktu belajar di rumah dengan menguji kemampuan

Untuk mencapai tujuanmu, sebaiknya gunakan waktu luangmu untuk melatih pemahamanmu selama ini. Buat kalender dan checklist belajar, dan cobalah untuk menjalankan hal tersebut dengan efektif. Dengan mengatur waktu belajar secara efektif, kamu tetap bisa mengerjakan hal-hal lain sesuai minatmu. Seperti mengerjakan hobi, scroll timeline di media sosial, atau nongkrong bersama teman-teman. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan waktu melalui platform pembelajaran online, karena platform-platform belajar memungkinkan kamu untuk bisa belajar kapan saja, di mana saja.

 

HENNI SOELAEMAN

Exit mobile version