40 Startup Tampil di Final Demo Day BCA SYNRGY Accelerator Batch 4

SYNRGY Academy

Diikuti 250 Peserta, BCA SYNRGY Academy Batch 7 Kembali Digelar (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Program SYNRGY Accelerator Batch 4 dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Virtual Demo Day. Tampil 40 startup lintas industri dari seluruh Indonesia dan disaksikan 900 partisipan. Mereka akan mendapatkan kesempatan penanaman modal, kolaborasi dan eksposur.

Senior VP Digital Innovation Solution BCA Adi Prasetyo mengatakan, antusiasme serta semangat juang yang dimiliki para anak bangsa dalam memberikan solusi berbasis teknologi untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dialami masyarakat memotivasi BCA untuk menyelenggarakan program ini. Sejak diadakan tahun 2019, BCA SYNRGY Accelerator terus konsisten untuk mendukung dan mendorong tumbuhnya ekosistem startup di Indonesia.

“Program BCA SYNRGY Accelerator Batch 4 sebagai wadah kolaborasi antara komunitas startup. BCA punya visi untuk mengembangkan ekosistem startup karya anak bangsa untuk terus maju melangkah dan menjadi motor perekonomian bangsa Indonesia. Agar para peserta tidak hanya dapat mengepakan sayapnya di kancah nasional tetapi juga internasional. Selain itu pertumbuhan startup di seluruh Indonesia akan turut berdampak bagi pertumbuhan ekonomi digital,” papar Adi dalam siaran pers, Senin (15/11/2021).

Menurut dia, program yang merupakan kerjasama BCA dan KUMPUL lebih menjangkau startup di berbagai kota tier-2 dan tier-3 dari berbagai penjuru Indonesia, serta membina startup dengan berbagai latar belakang bidang yang bervariasi. Secara garis besar startup yang terpilih tersebar dari Pulau Jawa, Sumatera dan Bali. Mayoritas berasal dari kota Jakarta, Yogyakarta, dan diikuti oleh Tangerang, Bandung, Surabaya serta Batam.

Startup yang terpilih tentunya telah melewati screening dokumen dengan kriteria umum, seperti startup yang sudah terbentuk badan hukum, memiliki produk yang sudah live dan traction. Selain itu, startup yang terpilih harus lolos dalam proses interview dan pitching saat menjalani online bootcamp.

Di awal program, terdapat 230+ startup pendaftar, 100 startup lolos seleksi untuk mengikuti program online bootcamp selama 3 hari. Dari 100 startup terpilih Top 40 Startup BCA SYNRGY Accelerator Program Batch 4. Top 40 ini mengikuti intensif program selama 3 bulan berupa mentoring, workshop, community event dan sesi networking antara startup dan korporasi serta sharing dari para pakar yang ahli di bidangnya untuk mendapatkan kesempatan penanaman modal, kolaborasi dan eksposur.

Pada kesempatan yang sama, Amalia Aininnur selaku VP of Ecosystem dari KUMPUL turut mengungkapkan, dari 40 startup terpilih, hampir sepertiganya berasal dari vertikal Edutech, diikuti oleh SaaS (Software as Service), Healthtech, Marketplace, Tourism, AI & IoT, HR, Sustainability, serta Fintech & Fintech Enabler.

“Variasi vertikal ini tentunya muncul dari perkembangan kebutuhan masyarakat pasca pandemi. Tentunya diharapkan lewat pelatihan dan kesempatan yang diberikan di BCA SYNRGY ini dapat membuka peluang yang dapat mengakselerasi pertumbuhan masing-masing startup,” pungkasnya.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version