youngster.id - Media sosial menjadi barometer isu atau momentum yang terjadi di dunia. Bagi pengguna platform media sosial tersebut tentunya tidak asing dengan penggunaan tagar ‘#’ yang menghiasi lini masa. Tanda pagar ini membuat pengguna bisa terhubung dengan siapa saja dari berbagai negara dan berbagi opini ke jutaan orang lainnya di berbagai belahan dunia.
Adapun simbol “#” digunakan untuk menandai kata kunci atau topik dalam sebuah Tweet dan mengategorikan Tweet dengan topik pembahasan yang sama. Dengan adanya tagar; Twitter menjadi corong suara bagi banyak orang, membentuk budaya, dan dapat mengubah dunia.
Berikut ada lima jenis tagar yang yang populer digunakan di Indonesia.
Pertama, Tagar untuk saling menginspirasi
Orang mencari inspirasi tentang berbagai hal di Twitter dan hal ini dipermudah dengan adanya tagar. Tagar #dirumahaja, misalnya. Tagar ini tidak hanya digunakan untuk menginformasikan upaya preventif menghadapi pandemi, tetapi juga untuk menginspirasi orang lain agar tetap semangat dan produktif setiap harinya.
Kedua, tagar untuk mengedukasi
Tagar juga berguna untuk melakukan edukasi terkait topik tertentu. Tagar #padanan digunakan untuk berbagi pengetahuan tentang persamaan sebuah istilah bahasa asing dan konteks penggunaan yang tepat dalam bahasa Indonesia. Tagar ini sering digunakan oleh salah satu pakar bahasa Indonesia, yaitu @ivanlanin.
Ketiga, tagar untuk keadaan darurat
Karena karakternya yang waktu nyata (real time), Twitter digunakan untuk mencari informasi terkini tentang bencana atau situasi genting lainnya. Twitter juga membantu banyak orang untuk mendapat pertolongan dari pihak lain dalam waktu singkat. Pada keadaan seperti ini; fitur Like dan Retweet berperan penting karena dapat membantu kita menjangkau lebih banyak orang.
Tagar #Gempa, misalnya, digunakan secara aktif oleh @infoBMKG untuk memberi informasi dan perkembangan terbaru, tidak hanya kepada media, tapi juga masyarakat dan pihak lain yang membutuhkan bantuan. Keberadaan tagar ini juga dapat membantu warga di pemukiman sekitar bencana agar dapat mengantisipasi langkah mereka selanjutnya. Contoh lainnya adalah #OrangHilang, tagar yang digunakan untuk mengumpulkan Tweet terkait pencarian orang hilang.
Keempat, diskusi tentang hiburan
Percakapan tentang topik hiburan di Twitter di Indonesia meningkat pada kuartal pertama tahun 2020. Percakapan tentang selebritas, misalnya, meningkat 62% di Indonesia, percakapan tentang musik meningkat 66%, dan topik tentang film meningkat 26%. Percakapan ini juga didominasi dengan konten-konten seputar fan art (seni dari penggemar), seperti yang terlihat dari #RaisaThrowback yang sempat ramai di lini masa.
Kelima, tagar sebagai penghubung dengan komunitas
Masyarakat Indonesia menggunakan Twitter untuk terhubung dengan orang lain yang memiliki minat atau kesukaan yang sama. Seperti yang dilakukan oleh penggemar Animal Crossing dalam rangka merayakan HUT Ke-75 RI. Mereka ramai-ramai berbagi hasil karya melalui Twitter dengan menggunakan tagar #AnimalCrossing.
Selain itu, Twitter juga mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tagar yang populer di lini masa Twitter di Indonesia selama periode Januari hingga Juli 2020, yaitu #bts, #exo, #iheartawards, #dirumahaja, #agnation.
STEVY WIDIA
Discussion about this post