5 Kategori Paling Populer di Tokopedia Akhir Tahun 2020

Ekhel Chandra Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia. (Foto: Stevy Widia/youngster.id)

youngster.id - Selama pandemi, platform teknologi seperti Tokopedia semakin menjadi andalan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan harian hingga berbisnis. Terlihat dari pertumbuhan jumlah pengguna aktif bulanan Tokopedia yang saat ini mencapai lebih dari 100 juta, meningkat lebih dari 10 juta jika dibandingkan sebelum pandemi. Demikian juga penjual.

“Kini ada lebih dari 9,9 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM. Artinya, ada kenaikan sebesar lebih dari 2,7 juta dari 7,2 juta penjual sejak sebelum pandemi Januari lalu,” ungkap Ekhel Chandra Wijaya External Communications Senior Lead Tokopedia dalam keterangannya, Senin (28/12/2020).

Di sisi lain, berdasarkan data internal Tokopedia, kategori Makanan dan Minuman, Kesehatan, Perawatan Hewan, Buku dan Pertukangan menjadi lima kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi menjelang akhir tahun ini.

Transaksi kategori Makanan dan Minuman meningkat lebih dari 3x lipat menjelang akhir tahun. Produk sembako lokal seperti madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras menjadi produk paling dicari masyarakat belakangan ini.

Sedang kategori Kesehatan juga meningkat lebih dari 3x lipat. Masker tetap menjadi produk yang paling diburu masyarakat.

Menariknya, memelihara hewan ternyata menjadi hobi yang semakin naik daun. Ini mendorong peningkatan transaksi pada kategori Perawatan Hewan di Tokopedia menjadi lebih dari 3x lipat. Aquarium, makanan kucing, ikan dan anjing menjadi produk paling laris.

Selain memelihara hewan, membaca pun semakin diminati selama pandemi. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Buku di Tokopedia sebesar hampir 2,5x lipat. Buku pengembangan diri, karir, anak, novel non-fiksi hingga religi menjadi produk yang paling populer.

Tingginya aktivitas di rumah mendorong masyarakat merenovasi rumah. Terlihat dari peningkatan transaksi kategori Pertukangan yang mencapai lebih dari 2,5x lipat. Kertas dinding, pompa angin, serta perlengkapan listrik seperti adaptor dan stop kontak merupakan produk yang paling diminati.

“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi, terutama di tengah pandemi. Caranya dengan terus berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat,” tutup Ekhel.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version