Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

56% Pengguna Internet Indonesia Belum Pernah Bertransaksi E-Commerce

20 Mei 2019
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Pelaku Industri Ekonomi Digital Mendistrupsi Bisnis Komersial Masa Depan

Suasana pameran Future Commerce Indonesia 2019. (Foto: Fahrul Anwar/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Dari sekian banyak aktivitas yang dapat dilakukan lewat internet, ternyata masih banyak penggunanya yang belum pernah melakukan transaksi belanja secara online atau e-commerce. Survei Asosisasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebut angkanya mencapai 56% dari total pengguna internet di Indonesia.

Padahal, survei itu juga menunjukkan penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 64,8% pada tahun 2018, meningkat sebesar 10,12 % dari tahun sebelumnya yang hanya 54,8%. Artinya, ada 171,17 juta jiwa pengguna internet dari total 246,16 juta penduduk Indonesia berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurut Henri, sangat disayangkan bahwa dari 171,17 pengguna internet ternyata 56% di antaranya belum pernah menggunakan e-commerce. “Angka ini merupakan potensi yang bisa kita convert (ubah) untuk menjadi shoppers (pembelanja) di e-commerce,” ungkap Henry Kasyfi Sekretaris Jenderal APJII belum lama ini.

Baca juga :   Tel-U Bersama CISCO Bantu Penanggulangan COVID-19 di Jabar

Ia mengatakan, ada sejumlah alasan yang menyebabkan pengguna internet di Indonesia tidak pernah berbelanja secara online. “Sebanyak 18,8% atau mayoritas mejawab mereka lebih suka berbelanja secara langsung karena barang yang mereka inginkan bisa langsung didapatkan,” ujar Henri.

Hasil survei yang dikerjakan bersama lembaga survei Polling Indonesia menyebut sebanyak 12,2%pengguna internet tak mau belanja online karena belum bisa memakai aplikasinya, 9,5% khawatir barang tidak sampai, dan 9% merasa rumit kalau harus mentrasfer.

Sementara itu, survei tersebut mencatat terdapat empat e-commerce yang biasanya sering digunakan pengguna internet untuk membeli barang. Di antaranya adalah Shopee (11,2%), Bukalapak (8,4%), Lazada (6,7%), dan Tokopedia (4,3%). Sedangkan, sebanyak 53,4% mengatakan belum pernah mengunjungi situs atau platform e-commerce.

Minimnya literasi mengenai e-commerce membuat potensi bisnis di platform tersebut kurang diminati oleh mayoritas para pengguna internet di Indonesia.

Baca juga :   XL Axiata Gelar Hackathon untuk IoT

Namun Data Asosiasi E- Commerce Indonesia (idEA) menyebutkan, potensi transaksi e-commerce di Indonesia terus meningkat dari US$ 8 miliar di 2013 menjadi US$ 20 miliar pada 2016, dan diproyeksi mencapai US$ 130 miliar atau sekitar Rp 1.700 triliun pada 2020. Menurut laporan Google dan Temasek, ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh tiga kali lipat menjadi US$ 240 miliar pada 2025.

STEVY WIDIA

Tags: e-commerce
Previous Post

Safari Ramadhan BUMN Hadir untuk Negeri Disambut Hangat Masyarakat Tarakan

Next Post

Wizphone, Ponsel Yang Bisa Buat Kredit

Related Posts

Shopee Live
Headline

Dukung Kreator & UMKM, Shopee Gaet Meta Hadirkan Kemitraan Afiliasi Facebook

24 Oktober 2025
0
LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online
Headline

LIVE Host Profesional Jadi Tren Profesi Baru Platform Penjualan Online

22 Oktober 2025
0
Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall
Headline

Jenama Kecantikan Lokal Ini Akselerasi Pertumbuhan Bersama LazMall

18 Oktober 2025
0
Load More
Next Post
Wizphone, Ponsel Yang Bisa Buat Kredit

Wizphone, Ponsel Yang Bisa Buat Kredit

Suci Arumsari

Suci Arumsari : Bantu Pasien dengan Aplikasi Kesehatan

UPH Juara 3 Kejuaraan Basket 3×3 Antar Universitas se-Asia

UPH Juara 3 Kejuaraan Basket 3x3 Antar Universitas se-Asia

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version