6 Perempuan Muda Ini Ambil Alih Sehari BOD BUMN

#GirlsTakeover 2021

Finalis #GirlsTakeover 2021 bersama Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indonesia berpotensi meningkatkan US$ 135 miliar Produk Domestik Bruto pada 2025 jika dapat meningkatkan kesetaraan gender di dunia kerja. Hal ini mendorong Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Srikandi BUMN dan Forum Human Capital Indonesia menggelar Kampanye #GirlsTakeover.

Ajang ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk meningkatkan keterwakilan perempuan di jajaran BoC, BoD, dan BoD-1 BUMN, dengan target 15% pada 2021 dan mencapai 25 % pada 2023. Juga peningkatan keterwakilan generasi muda di jajaran BoD dan BoD-1 BUMN menjadi 5% pada 2021, dan 10% pada 2023.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengungkapkan Kampanye Girls Take Over lebih dari memberi kesempatan sehari jadi pemimpin di BUMN.

“Di baliknya ada komitmen kuat, target-target, dan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan dan generasi muda di seluruh BUMN yang dikawal langsung Menteri BUMN Erick Thohir, dan digerakkan oleh Forum Human Capital Indonesia serta komunitas di bawahnya: Srikandi BUMN dan BUMN Muda,” ungkap Tedi dalam siaran pers, Selasa (12/10/2021).

Sementara itu, Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia mengungkapkan, kampanye ini untuk mendobrak stereotipe gender dan tunjukkan bahwa perempuan bisa memimpin. “Kami percaya upaya perwujudan kepemimpinan perempuan tidak berhenti dan akan berlanjut dengan program-program nyata,” ucapnya.

Program ini selain didukung Kementerian BUMN, juga oleh Srikandi BUMN, FHCI beserta seluruh mitra BUMN. Ketua Umum Srikandi BUMN Tina T Kemala Intan  menyampaikan, kepemimpinan perempuan di dunia kerja tidak sekadar gender issue namun adalah business issue karena perannya memberi makna dan dorongan bagi peningkatan kinerja. Seiring dengan semakin meluasnya kesempatan di BUMN bagi perempuan untuk berkarir dan menjadi pemimpin, Srikandi BUMN terus mendorong terwujudnya gender equality melalui inisiatif women leadership dan women empowerment.

“Girls Takeover adalah salah satu wujud komitmen kami dalam mempersiapkan SDM perempuan menjadi future leaders dan menginspirasi anak perempuan untuk berani mengambil kesempatan untuk berkarya, dan berkontribusi untuk Indonesia,” katanya.

Berbagai upaya telah terjalin untuk mendukung kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan dari usia muda. Potensi kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kepemimpinan setara di Indonesia tentu masih terbuka lebar. Sektor usaha perlu menciptakan kebijakan yang mendukung perempuan untuk memimpin dengan affirmative action, pelatihan, dan berbagai program yang dapat meningkatkan kemampuan perempuan.

Rangkaian #GirlsTakeover telah dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Video rangkaian kegiatan ini akan tayang perdana pada 11 Oktober 2021 di YouTube Plan Indonesia, dan akan diikuti dengan web series produksi Perum PFN (Produksi Film Negara) yang akan ditayangkan di Youtube Srikandi BUMN dan Kementerian BUMN

Ada enam perempuan muda berusia 20-24 tahun berhasil terpilih dalam #GirlsTakeover 2021. Mereka berhasil unggul dari 7000 pendaftar dari seluruh Indonesia. Mereka adalah Sharon Florencia (24) dari Jawa Barat yang takeover Menteri BUMN.  Adinda Zenniar (20) dari Jawa Tengah yang takeover Direktur Utama Bank Mandiri. Indira Arum Puspitarani (23)dari Sulawesi Selatan yang takeover Direktur Utama Kimia Farma. Putri Gayatri (20) dari Jawa Barat yang takeover Direktur Utama Telkomsel. Sisilia Tunga (22) dari Nusa Tenggara Timur yang takeover Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia. Virdha Yudha (23) dari Jawa Tengah yang takeover Direktur Utama Angkasa Pura I.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version