70% Penjualan Shopee Dari UMKM

(ki-ka) Rezki Yanuar Country Brand Manager Shopee Indonesia; dua peserta program pemberdayaan Kreasi Nusantara, serta Iwet Ramadhan, Desainer dan Founder JKTCreative. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Shopee Indonesia mengungkapkan jumlah penjual di platform marketplace tersebut mencapai lebih dari 1,6 juta dimana 70% merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Data per Q4/2017 total jumlah seller 1 juta dan sekitar 850.000 seller UMKM. Total seller di Q1/2018 mencapai lebih dari 1,6 juta dengan jumlah komposisi UMKM lebih dari 70%,” ungkap Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee Indonesia baru-baru ini di Jakarta.

Dia menjelaskan, seller atau penjual di Shopee ada sekitar 850.000 dengan 70%-80% diantaranya adalah UMKM. Namun, kemudian dijelaskan bahwa 850.000 penjual merupakan perkiraan jumlah penjual UMKM dengan jumlah total 1 juta penjual, berdasarkan data kuartal 4/2017.

Seiring perkembangan, pada kuartal I/2018 tercatat total penjual di platform Shopee ada sekitar 1,6 juta dengan komposisi 70% merupakan penjual dari UMKM.

Shopee Indonesia mencatat adanya tren peningkatan penjual termasuk yang berasal dari kalangan UMKM. Selain itu, penjual di platform e-commerce ini juga biasanya sudah memiliki bisnis secara online.

Baca juga :   Lazada Gelar Shopping Street

“Sudah punya bisnis tapi offline, ke Shopee untuk masuk pasar online. Biasanya sudah ada bisnis dulu ya,” kata Rezki lagi.

Selain itu, Shopee juga mencatat mayoritas penjual adalah perempuan. Kemudian, produk yang menjadi favorit untuk dijual di platform ini, yaitu fashion, aksesoris, dan produk kecantikan. Oleh karena itu Shopee terus mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.



STEVY WIDIA