youngster.id - Industri game saat ini adalah salah satu industri hiburan terbesar (dan masih terus tumbuh) di dunia. Game telah tumbuh bersama teknologi dan dapat dimainkan di berbagai perangkat mobile, PC, konsol, dan web browser. Asia tenggara termasuk Indonesia menjadi pasar yang paling potensial untuk itu.
Peluang ini ditangkap oleh Facebook. Saat ini Facebook sedang membangun komunitas gaming dunia – sebuah tempat bagi setiap orang untuk menikmati pengalaman gaming bersama.
Michael Rose, Head of Southeast Asia, APAC Games Partnership mengungkapkan, Facebook Gaming mendekatkan orang melalui video secara langsung dan memberikan kreator game cara untuk membangun dan terhubung dengan komunitas mereka melalui siaran langsung.
“Facebook Gaming, yang sebagian besar didorong oleh popularitas video game dan pembuat video game kami yang berada di Indonesia. Facebook hadir di Indonesia untuk mendukung streamer gamer di Indonesia untuk membangun komunitas yang kuat dan menciptakan interaksi yang bermakna dengan para penggemar mereka, dan pada saat yang sama, menyediakan berbagai cara bagi para pembuat konten ini untuk membangun bisnis yang paling sesuai dengan konten dan penggemar mereka,” kata Michael dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).
Dia yakin, gaming adalah sebuah katalisator tak tertandingi untuk membangun komunitas. Setiap bulannya, lebih dari 700 juta orang berinteraksi dengan konten gaming di Facebook dengan 160 juta pengguna aktif setiap bulan dalam 450 ribu Grup gaming di Facebook (Maret 2020). Grup gaming adalah salah satu komunitas terbesar dan paling aktif di Facebook.
Untuk itu, Facebook merilis fitur turnamen dan marathon livestreaming. Kreator game di Facebook dapat membuat video mereka mudah ditemukan dan menjangkau penggemar-penggemar baru diantara 2 miliar anggota komunitas global Facebook – baik itu di halaman khusus gaming (https://www.facebook.com/gaming/) , News Feed (Kabar Beranda), Grup, Halaman, atau FB Gaming App.
“Kami memahami game adalah aktivitas populer di Facebook. Kami ingin memberikan orang tempat khusus untuk bermain, menonton, dan berbagi permainan yang mereka sukai baik di dalam maupun di luar Facebook,” kata Michael.
Dia memaparkan Facebook Gaming di Indonesia juga tumbuh secara signifikan dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. Ada 5 game paling populer di Indonesia pada April 2020 adalah Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire – Battlegrounds, Grand Theft Auto V, dan Free Fire. Selain itu, 5,6 juta bintang dikirim sepanjang bulan April 2020 di Indonesia, dan sepanjang tahun lalu, penonton konten gaming video naik hingga 210%.
STEVY WIDIA
Discussion about this post