80% Orang Indonesia Lebih Memilih Belanja Online di Marketplace

Sekitar 200 e-commerce gelar berbagai promosi di ajang IESE 2017. (Foto: Fahrul Anwar/Youngsters.id)

youngster.id - Mayoritas masyarakat Indonesia, yakni 80% lebih memilih belanja online melalui marketplace. Tokopedia jadi pilihan pertama konsumen Tanah Air berbelanja online. Demikian hasil survei yang dilakukan oleh perusahaan konsultan IT Sharing Vision pada Oktober-November 2017.

Chief of Sharing Vision Indonesia, Dimitri Mahayana, belanja online semakin lazim dipilih masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari. “Mulai dari makanan, pulsa ponsel, voucher listrik hingga tiket perjalanan dan tiket bioskop,” ujar Dimitri baru-baru ini.
Dari aspek keamanan, ia melanjutkan, kelengkapan produk dan promo seringkali menjadi alasan utama mengapa konsumen memilih marketplace. Selain itu, aspek kepraktisan juga faktor tak kalah penting, terutama ketika berbelanja lewat smartphone.

“Ini mengapa transaksi belanja online lewat aplikasi di kalangan masyarakat Indonesia sangat tinggi. Pertumbuhan e-commerce di Indonesia pada tahun ini diprediksi double digits. Hal ini pula mendorong munculnya e-commerce untuk UKM, koperasi maupun pedagang kaki lima,” paparnya.

Dari survey tersebut Tokopedia menduduki urutan pertama dengan 66% responden, disusul Gojek dan Bukalapak masing-masing 59% dan 43%.
Selain itu, menurut Dimitri hasil surveinya memperlihatkan dominasi pemesanan tiket untuk alat transportasi maupun hotel secara online yang rata-rata sekitar 90%.

Sedang Traveloka masih mendominasi penjualan tiket online dengan memperoleh 83 % responden, disusul Tiket.com dengan 34%. Adapun, penggunaan taksi online ikut meningkat pesat, di mana 87% responden memilih menggunakan Gojek, Grab maupun Uber.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version