85% Generasi Muda Sering Membandingkan Diri Lewat Media Sosial

TinyTAN

Eksibisi TinyTAN x CLEAR di Gandaria City Jakarta. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Menurut riset yang dilakukan oleh CLEAR Social Anxiety Study tahun 2020, 85% generasi muda saat ini sering membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain yang mereka lihat di media sosial. Hal ini membuat mereka menjadi kurang percaya diri dan sulit dalam memperjuangkan impian.

Senior Brand Manager CLEAR PT Unilever Indonesia Tbk Yuliana Safriani  mengatakan, riset tersebut juga mendapati, media sosial jika diakses secara berlebihan akan menimbulkan masalah krisis internalisasi atau citra diri karena kerapkali menampilkan hal-hal yang dianggap ‘sempurna’.

Selain itu, riset yang sama menunjukkan bahwa 55% generasi muda sering mendapat kritik negatif dari orang-orang sekitarnya seperti orang tua, keluarga, teman maupun atasan, bahkan seringkali membandingkan prestasi dengan individu lain yang dianggap lebih baik

“Lewat riset tersebut dapat diartikan bahwa banyaknya tuntutan, stigma, dan tekanan yang didapatkan dari faktor eksternal dapat menyebabkan turunnya tingkat ketangguhan mental seseorang,” ungkap Yuliana dalam keterangannya, Rabu (19/10/2022).

Menurut dia, salah satu cara membangun ketangguhan mental pada generasi muda, diantaranya dengan mencari sosok idola yang berpengaruh positif dalam mengarahkan pola pikir, emosi, kreativitas dan perasaan mereka untuk bangkit demi mencapai mimpi mereka. Oleh sebab itu, CLEAR menghadirkan kolaborasi bersama TinyTAN untuk menginspirasi  generasi muda dalam meraih kesuksesan dan mencapai versi terbaik mereka. TinyTAN adalah karakter yang terinspirasi anggota grup musik BTS.

“Melalui kolaborasi bersama TinyTAN, kami berharap dapat memotivasi generasi muda untuk membangun pribadi yang lebih percaya diri tanpa takut akan tantangan demi mencapai apa yang mereka impikan,” kata Yuliana.

Terkait dengan hal ini, Psikolog Liza Marielly Djaprie mengatakan, banyak yang berpikiran bahwa ketangguhan mental adalah saat seseorang tidak bisa lelah, tidak bisa bersedih, tidak bisa marah, dan tidak bisa putus asa.

“Padahal, ketangguhan mental adalah kondisi dimana individu mampu bangkit kembali setelah terjatuh, tapi juga belajar dan berkembang untuk menjadi lebih baik. Salah satu cara untuk memotivasi generasi muda dalam meraih impian mereka, yakni dengan memiliki sosok idola,” ucapnya.

Namun, menurut Liza,  hal ini harus diiringi dengan upaya meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri. “Jika kedua hal ini berdampingan, maka generasi muda dapat mengembangkan karakter mereka secara maksimal, menjadi pribadi yang lebih baik dan membuka peluang yang besar untuk mencapai apa yang mereka impikan,” katanya.

Koleksi spesial kolaborasi TinyTAN | CLEAR menghadirkan delapan kemasan spesial, diantaranya tujuh kemasan yang menampilkan masing-masing karakter dan satu kemasan botol dalam bentuk pump yang menampilkan ketujuh karakter TinyTAN.

Untuk semakin mendekatkan diri dengan para konsumen, CLEAR juga menghadirkan eksibisi dan berbagai kegiatan interaktif, seperti berfoto bersama ke-7 karakter TinyTAN yang diselenggarakan pada tanggal 18-23 Oktober 2022 di beberapa titik pusat perbelanjaaan di Jakarta, yaitu Senayan City, Gandaria City dan Mall Kelapa Gading 1.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version