Ada 12 Juta UMKM Masuk Ecommerce di Indonesia September 2022

Pelaku e-commerce di idEA. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Indonesian E-Commerce Association (idEA) mengungkapkan ada 12 juta unit usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) baru yang berjualan secara dalam jaringan (online) hingga September 2022.

“Kami mengharapkan dengan bertumbuhnya produk UMKM yang masuk ke platform e-commerce, bertumbuh juga transaksi di tingkat domestik dan produk-produk lokal itu sendiri,” kata Ketua Umum idEA Bima Laga pada acara Forum Ekonomi Digital Kominfo V di Jakarta.

Menurut dia, total UMKM yang masuk ke platform digital sudah mencapai 21 juta unit. Pemerintah dan industri digital menargetkan 30 juta unit UMKM onboarding, bergabung ke platform digital hingga akhir 2024.

“Mudah-mudahan target itu masih bisa kita capai bersama,” kata Bima Laga.

Jumlah UMKM yang bergabung ke platform digital terus bertambah. Data idEA menunjukkan terdapat 19 juta unit UMKM yang sudah onboarding pada April 2022. Pemerintah meluncurkan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada 2020 untuk mendorong pembelian produk buatan dalam negeri terutama UMKM.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate pada pembukaan Forum Ekonomi Digital Kominfo V mengingatkan para pelaku startup digital, khususnya e-commerce, untuk berpihak pada produk buatan dalam negeri.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version