Jumat, 14 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News

Ada 150 Penggerak Edukasi Transaksi “Online” di Bukalapak

30 September 2016
in News
Reading Time: 1 min read
Bukalapak.com Dorong UKM Beralih ke E-commerce

Ahmad Zaky, CEO Bukalapak (Foto : Istimewa/Youngsters.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Bukalapak, situs penyedia konten jual-beli “online” memiliki 150 penggerak pelapak yang tersebar di berbagai daerah. Mereka bertugas menjaring jumlah pelapak baru, dan mengedukasi pelapak untuk meningkatkan nilai produk.

“Ada sekitar 150 penggerak pelapak yang tersebar di 130 kota, termasuk di Semarang. Di Semarang, ada tiga penggerak,” kata Head of Business Partner Bukalapak Rahmat Danu Andika dalam pelatihan “Pengembangan Pemasaran Karya Kreatif Melalui Media Online” yang diprakrasai Badan Ekonomi Kretif (Bekraf) dan Bukalapak dilansir Antara baru-baru ini di Semarang.

“Dengan adanya penggerak pelapak, para pelaku UKM yang tergabung di Bukalapak akan diajari bagaimana mengemas tampilan produk secara menarik dengan biaya murah,” ungkapnya.

Baca juga :   Tech In Asia Jakarta 2017 Hubungkan Investor dengan Talenta

Rahmat menjelaskan penggerak pelapak adalah orang yang bertugas menjaring jumlah pelapak baru, meningkatkan penjualan “online” pelaku UKM, serta mengedukasi pelapak untuk meningkatkan nilai produk.

“Antara lain, mengenai pentingnya foto-foto produk yang dijual, ‘copywriting’ atau deskripsi atas produk yang ditampilkan, dan promosi untuk menarik calon pembeli,” katanya.

Sebagus apapun produk yang dijual, kata dia, orang tidak bakalan tertarik jika foto-foto produk yang ditampilkan terkesan seadanya, atau bahkan tidak menggambarkan secara jelas. Demikian juga deskripsi atas produk yang ditawarkan. Seringkali pelapak menyertakan deskripsi secara singkat sehingga tidak menggambarkan jelas produknya.

Ia mencontohkan trik pembuatan semacam studio foto sederhana untuk menunjang tampilan produk di situs pelapak seperti layaknya produk-produk perusahaan besar, namun biayanya murah.

Baca juga :   Kolaborasi Indocyber dan Vymo Hadirkan Solusi Teknologi Bagi Bank dan Asuransi

“Ya, memang harus murah, sebab ini kan membidik kalangan pelaku UKM. Bisa kok disiasati. Jadi, produk-produk yang ditampilkan seperti difoto di studio besar dan tampilannya menarik,” katanya.

Selain itu, kata dia, pelapak juga harus memperhatikan “packaging” (pengemasan) barang saat pengiriman, sebab pengemasan barang secara rapi juga meningkatkan kepercayaan konsumen.

“Makanya, ini tugas dari penggerak pelapak untuk mengedukasi. Sebagian (pelapak, red) memang sudah sadar dan paham, tetapi masih ada yang belum mengenai pentingnya tampilan ini,” pungkasnya.

STEVY WIDIA

Tags: Bukalapakpenggerak pelapakUsaha Kecil dan Menengah (UKM)
Previous Post

SMK Kalianda Buat Gokar Bertenaga Surya

Next Post

8 Startup Pilihan Bekraf Bertemu Investor

Related Posts

Bukalapak
Headline

Terangkat Kenaikan Nilai Portofolio, Bukalapak Catat Laba Bersih Rp2,4 Triliun

30 Oktober 2025
0
Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025
Headline

Manfaatkan AI UKM Seed Paper Indonesia Jadi Juara DCE 2025

7 Juli 2025
0
BNIdirect
News

UKM Rumah Tempe Azaki Tembus Pasar Ekspor Didukung BNIdirect

2 Juli 2025
0
Load More
Next Post
8 Startup Pilihan Bekraf Bertemu Investor

8 Startup Pilihan Bekraf Bertemu Investor

Startup Asal Indonesia Siap Bersaing Di Kompetisi Startup Istanbul 2016

Startup Asal Indonesia Siap Bersaing Di Kompetisi Startup Istanbul 2016

Socio Digi Leaders Episode 1 :  Road to Top 20

Socio Digi Leaders Episode 1 : Road to Top 20

Discussion about this post

Recent Updates

Tsunami teknologi

Tsunami Teknologi 2026: Ketika AI, Kuantum, dan Web 4.0 Bertabrakan

14 November 2025
Kemenperin x MediaWave

Tingkatkan Daya Saing IKM, Kemenperin Gandeng MediaWave Sediakan Akses Platform AI

14 November 2025
42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

14 November 2025
Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

14 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Tsunami teknologi

Tsunami Teknologi 2026: Ketika AI, Kuantum, dan Web 4.0 Bertabrakan

14 November 2025
Kemenperin x MediaWave

Tingkatkan Daya Saing IKM, Kemenperin Gandeng MediaWave Sediakan Akses Platform AI

14 November 2025
42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

42 Inovator Terbaik Tampil di Bumi Berseru Fest 2025

14 November 2025
Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

Indonesia Jadi Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara, Nilainya Capai US$100 Miliar GMV

14 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version