Airy dan Pemprov Jabar Kerja Sama Pengembangan SDM

Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat dan Alfonso Kodoatie, CEO Airy (kanan) saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pengembangan SDM Tourism 4.0 di Bandung )Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan Accommodation Network Operator (ANO) Airy meresmikan kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam ranah pengembangan tenaga kerja pariwisata di wilayah tersebut. Peresmian kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang  dilakukan oleh Alfonso Kodoatie, CEO Airy dan Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, Selasa (18/2) di Bandung.

Kerja sama ini nantinya akan mencakup pengembangan dan peningkatan kualitas SDM  pariwisata Jawa Barat melalui program Airy Community serta co-branding berbagai event pariwisata di Jawa Barat. Airy Community sendiri merupakan program pelatihan Airy dalam ketenagakerjaan perhotelan, terutama aspek housekeeping dan front office, serta pendayagunaan teknologi untuk optimalisasi kinerja.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menargetkan  30 desa wisata baru di 2020 dengan menitikberatkan pada pemberdayaan masyarakat setempat. Salah satunya lewat penyediaan sarana dan prasarana, seperti tempat penginapan atau homestay. Data BPS (2018) menyebut jumlah tenaga kerja sektor akomodasi di Jawa Barat mencapai 47.801 orang. Dari total tenaga kerja tersebut, hanya 10.994 (atau 23%) yang berpendidikan kejuruan hotel/pariwisata. Sementara dari tingkat pendidikan, mayoritas berlatar SMA (61,8%) dan SMP (16,7%). Peningkatan kapabilitas tenaga kerja dalam bidang hospitality semakin krusial dibutuhkan.

“Jawa Barat saat ini tengah mengembangkan Digital West Java dengan memanfaatkan peranan teknologi dalam mengembangkan pariwisata Jawa Barat. Kami menyambut baik kerja sama dengan pelaku industri pariwisata berbasis digital, seperti Airy, khususnya dalam membantu meningkatkan kualitas SDM pariwisata di Jawa Barat,” ujar Ridwan Kamil, dalam keterangan tertulisnya (18/2/2020).

Ditambahkan Alfonso, industri pariwisata tak bisa dilepaskan dari penggunaan teknologi dan data guna memberikan pengalaman travelling yang lebih nyaman dan personal. Saat ini, Pemerintah Indonesia, termasuk Pemprov Jawa Barat, sedang bergerak untuk mewujudkan Tourism 4.0.

“Airy meyakini, sumber daya manusia menjadi kunci untuk mencapai Tourism 4.0. Karena itu, kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan Pemerintah Jawa Barat dalam membantu peningkatan kualitas tenaga kerja pariwisatanya beserta pemanfaatan teknologi untuk optimalisasi layanan perhotelan. Dengan mutu layanan yang lebih terstandarisasi, tentunya akan berdampak positif pada perkembangan pariwisata di Jawa Barat,” kata Alfonso.

Melalui Airy Community, Alfonso menargetkan keterlibatan berbagai desa wisata dari Jawa Barat selama 2020, termasuk penyelenggaraan pelatihan kepada SDM dari desa-desa wisata binaan. Sejak diluncurkan pada 2018 lalu, program ini telah sukses melatih lebih dari 4.000 tenaga kerja perhotelan dari seluruh Indonesia. Sebelumnya, Airy juga telah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Oktober 2019 dalam bentuk pelaksanaan pelatihan SDM dan penyusunan kurikulum bagi sekolah menengah kejuruan pariwisata.

 

FAHRUL ANWAR

Exit mobile version