Akseleran Salurkan Pinjaman Rp 550 Miliar per Semester I 2019

Tim Akseleran (Foto: Istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan teknologi finansial di bidang pinjam-meminjam (fintech lending) PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) telah menyalurkan pinjaman Rp 550 miliar per Semester I 2019. Pembiayaan itu disalurkan kepada 1.000 peminjam.

CEO sekaligus Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan mengatakan, besaran pinjaman tersebut mencapai 45% dari target Rp 1,2 triliun tahun ini. “Kami optimistis bisa mencapai target penyaluran pembiayaan kepada 2 ribu peminjam di 2019,” kata dia dalam keterangan pers, Senin (8/7/2019) di Jakarta.

Dia mengungkapkan, rerata pinjaman yang disalurkan mencapai Rp 50 miliar setiap bulannya pada Kuartal I 2019. Jumlah pinjaman meningkat pada kuartal berikutnya, menjadi rata-rata Rp 75 miliar per bulannya. Rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) atas pinjaman yang disalurkan Akseleran mencapai 1%.

Menurut Ivan, produk pinjaman yang paling diminati adalah pembiayaan tagihan menggunakan faktur atau invoice financing. Akseleran memang menargetkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), yang biasanya membutuhkan kas untuk menunjang operasionalnya. Kas itu bisa diperoleh melalui pembiayaan tagihan dengan menjadikan faktur sebagai jaminan.

“Kami tetap fokus pada penguatan intensifikasi produk yang ada, yakni pembiayaan tagihan. Produk ini berkontribusi paling besar bagi portofolio pendanaan Akseleran, mencapai 80%,” katanya.

Selain invoice financing, Akseleran menawarkan pembiayaan tagihan dalam wujud receivable financing. Peminjam bisa mengajukan pinjaman ke Akseleran menggunakan surat perintah kerja atau kontrak. Fintech pinjaman ini juga menawarkan pembiayaan untuk belanja modal (capex financing) dan khusus untuk penjual di e-commerce (online merchant).

STEVY WIDIA

Exit mobile version