Selasa, 7 Oktober 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Microsite - The NextDev News

Akselerasi Pemulihan Ekonomi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gandeng Grab Indonesia

29 Januari 2021
in News
Reading Time: 2 mins read
Grab

Kini, layanan Grabterintegrasi ke aplikasi Jaklingko (Foto: Grab)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf)  dan Grab Indonesia, super app terkemuka menandatangani Perjanjian Kerja Sama Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata dan Ekraf untuk memperkuat kolaborasi jangka panjang dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi melalui pariwisata.

Hal ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani pada Mei 2020 mengenai dukungan pemulihan sektor pariwisata dan UMKM Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan fokus pada penyiapan lima destinasi super prioritas. Penyiapan ini bukan hanya infrastrukturnya atau transportasinya saja, tetapi juga pengalaman yang akan dipersiapkan untuk para wisatawan, khususnya di lima destinasi super prioritas.

“Kami telah mempersiapkan program-program dan berkolaborasi dengan banyak pihak untuk mensosialisasikan protokol CHSE. Kami percaya bahwa dukungan berkelanjutan dari Grab Indonesia dapat mengakselerasi program ini dan mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional,” papar Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (28/1/2021).

Baca juga :   Grab Dukung Piala AFF 2018 Dengan Sedia Tiket di “Jalur Cepat”

Melalui kolaborasi ini, Grab Indonesia siap untuk terus mendukung industri pariwisata, khususnya di lima destinasi wisata super prioritas yaitu Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo dengan berbagai inovasi teknologi dan pelatihan sumber daya. Kerja sama ini diharapkan mampu mendorong industri pariwisata yang mengutamakan protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability atau Kebersihan, Kesehatan, Keamanan dan Kelestarian Lingkungan).

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan bahwa Grab merasa senang dapat berkolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mendukung industri pariwisata tanah air melalui inisiatif-inisiatif berkelanjutan.

“Dengan misi GrabForGood, kami senantiasa menciptakan inovasi dan solusi yang dapat memberi dampak positif bagi semua orang. Lewat pemberdayaan para pelaku usaha pariwisata seperti mitra pengemudi hingga digitalisasi UMKM pariwisata, Grab Indonesia akan terus hadir untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia dengan berpedoman pada protokol kesehatan berbasis CHSE. Kami sangat senang dapat menjadi mitra Kemenparekraf dan bersama-sama, kita bangkit dan terus usaha,” jelas Ridzki.

Baca juga :   Go-Jek Teratas Dalam Bisnis Transportasi On-Demand di Indonesia

Kolaborasi jangka panjang ini akan meliputi beberapa kegiatan. Sebagai tahap awal, lebih dari 450 mitra merchant Grab di Jabodetabek telah tersertifikasi dan merchant Grab lainnya di Indonesia akan segera menyusul. Sertifikat ini sangat penting untuk kembali meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong kunjungan wisata Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19. Seluruh biaya untuk sertifikasi protokol kesehatan tersebut akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah.

Kemudian bersama dengan Kemenparekraf, Grab akan melatih mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike Protect Rental yang ada di seluruh Indonesia, sehingga memiliki kemampuan dasar sebagai pemandu wisata. Pada awal tahun 2020, Grab telah melatih 100 mitra GrabBike di Yogyakarta  untuk dapat memberikan pelayanan sebagai pemandu wisata, baik dari segi komunikasi maupun pengetahuan. Program ini akan diperluas ke seluruh Indonesia secara bertahap.

Baca juga :   Astra Cari Pemuda Inspiratif Dari Seluruh Indonesia

Selain itu, bekerja sama dengan berbagai mitra di bidang pariwisata seperti Agoda, Booking.com, dan Klook untuk menghadirkan informasi paket wisata bagi wisatawan. Mereka dapat menemukan penawaran terbaik dan kemudahan dalam mencari aktivitas di destinasi wisata Indonesia. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat mendukung pelaku usaha pariwisata lewat aktivitas-aktivitas menarik yang dapat ditemukan di aplikasi Grab.

 

STEVY WIDIA

Tags: ekonomi kreatif (ekraf)GrabKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)lima destinasi super prioritas
Previous Post

LOKET Gelar Lebih dari 10 Ribu Even Daring Sepanjang 2020

Next Post

Akbar Tanjung : Garap Potensi Pasar Produk Perawatan Kulit

Related Posts

Grab Hadirkan Berbagai Fitur AI Untuk Permudah Layanan Bagi Pengguna dan Mitra
Headline

Grab Raup Keuntungan Tertinggi Sejak Bisnis Berdiri

5 Agustus 2025
0
Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM
News

Grab-OVO Hadirkan Teknologi AI Untuk Pantau Operasional MBG Mitra UMKM

26 Juni 2025
0
Grab Operasikan 20 Unit Mobil Listrik di Bandara Soeta
News

Dorong Transisi Menuju Transportasi Rendah Emisi Lewat Perluasan Armada GrabElectric

10 Juni 2025
0
Load More
Next Post
Akbar Tanjung : Garap Potensi Pasar Produk Perawatan Kulit

Akbar Tanjung : Garap Potensi Pasar Produk Perawatan Kulit

Cashlez Hadirkan Layanan Syariah Bersama Duha Syariah

Cashlez Hadirkan Layanan Syariah Bersama Duha Syariah

WhatsApp

WhatsApp Tingkatkan Keamanan Aplikasi di Desktop

Discussion about this post

Recent Updates

RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

7 Oktober 2025
Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia

Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia

7 Oktober 2025
Gambar Dibuat AI

Mayoritas Orang Indonesia Nyman dengan Gambar Dibuat AI

6 Oktober 2025
AnyMind Group

AnyMind Group: Konten Video Pendek Jadi Strategi Utama Membangun Kesadaran Merek

6 Oktober 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

RRQ dan EVOS Divine Wakili Indonesia di FFWS Global Finals Jakarta 2025

7 Oktober 2025
Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia

Kompetisi Riset Nasional 2025, Dukung Riset Akademik Berbasis Data bagi Mahasiswa Indonesia

7 Oktober 2025
Gambar Dibuat AI

Mayoritas Orang Indonesia Nyman dengan Gambar Dibuat AI

6 Oktober 2025
AnyMind Group

AnyMind Group: Konten Video Pendek Jadi Strategi Utama Membangun Kesadaran Merek

6 Oktober 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version