Aksi UI Peduli Hijau: Selamat Tinggal Botol Plastik

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia pad akampanye Aksi UI Peduli Hijau : Bye Bye Plastic Bottle. (Foto: UI/Youngsters.id)

YOUNGSTER.id - Sebagai upaya memelihara lingkungan disekitarnya.Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (DRPM UI) bekerja sama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) melaksanakan Aksi UI Peduli Hijau : Bye Bye Plastic Bottle.

Kegiatan ini berfokus pada kampanye pengurangan pemakaian botol plastik sekali pakai di lingkungan kampus dan dilakukan dalam dua bentuk, yaitu kampanye digital dan kampanye fisik.

Kampanye digital dilakukan dengan memanfaatkan jejaring sosial digital untuk menyebarkan infografis dan poster-poster menarik mengenai bahaya sampah botol sekali pakai dan manfaat menggunakan tumblr.

Tak kalah menarik, kegiatan pada kampanye fisik juga tidak kalah beragam. Terdapat kegiatan penukaran botol plastik sekali pakai dengan tumblr, games interaktif kesadaran lingkungan, dan workshop pemanfaatan ulang sampah botol plastik sekali pakai.

Melalui kegiatan kampanye fisik, kegiatan ini berhasil mengumpulkan 2000 botol plastik sekali pakai yang ditukarkan dengan 200 tumblr .

Selain itu, panitia juga menyumbangkan dispenser air mineral untuk dimanfaatkan di lingkungan kampus FT UI. Sedangkan puncak acara yang dilakukan pada 20 Juli lalu, diisi oleh kegiatan workshop lingkungan.

Kegiatan kampanye ini merupakan langkah awal untuk menggalakan gaya hidup peduli lingkungan oleh civitas akademika di lingkungan kampus.

Namun, tujuan sesungguhnya dari aksi ini adalah agar para mahasiswa dapat terbiasa melakukan aksi nyata memelihara lingkungan disekitarnya.

FAHRUL ANWAR