Akulaku Akan Sedia Pinjaman Untuk UMKM

Anggie Setia Ariningsih Director of Corporate Affairs & Public Relations Akulaku Indonesia. (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Perusahaan teknologi finansial di bidang pinjam-meminjam (fintech lending) Akulaku berencana merambah sektor produktif, dengan merilis pinjaman untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kami akan gandeng platform lain (untuk meluncurkan kedua produk ini),” kata Anggie Setia Ariningsih Director of Corporate Affairs and Public Relations Akulaku Indonesia dalam keterangannya Senin (1/7/2019) di Jakarta.

Sebelumnya Akulaku adalah penyedia pinjaman bersifat konsumtif (consumer loan) seperti belanja di e-commerce. Menurut Anggie, Akulaku memandang sektor produktif cukup potensial. Apalagi, ada sekitar 120 ribu pedagang di layanan e-commerce di platform-nya yang juga meminjam.

“Karena itu, Akulaku ingin meluncurkan produk kredit untuk UMKM termasuk penjual di e-commerce. Pinjaman yang untuk UMKM bisa sampai Rp 50 juta,” kata dia.

Namun, ia belum mau merinci tenor maupun besaran bunga yang ditetapkan untuk pembiayaan UMKM tersebut. Akulaku menargetkan pinjaman yang disalurkan untuk UMKM mencapai 20% dari total pembiayaan. Anggie optimistis target ini bisa tercapai karena jumlah UMKM di Indonesia yang belum mendapat akses pembiayaan cukup besar. Akan tetapi, ia akan mengutamakan pinjaman untuk mitra penjual di platform-nya, karena memiliki rekam jejak peminjam.

Selain itu, Akulaku melihat potensi yang cukup besar di sektor kredit kendaraan bermotor. Namun, Akulaku mewajibkan peminjamnya untuk menjadikan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sebagai jaminan pinjaman. “Nilainya lebih besar dari pinjaman UMKM, karena ada jaminan,” katanya.

Akulaku sudah menyalurkan pinjaman Rp 9,8 triliun hingga akhir tahun lalu. Sejak awal tahun ini, Akulaku mencatat pembiayaan yang disalurkan bisa mencapai Rp 1,5 triliun setiap bulannya. Karena itu, Akulaku optimistis penyaluran pembiayaan bisa tumbuh dua hingga tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Jumlah pengguna Akulaku mencapai 20 juta per Kuartal I 2019 atau tumbuh 200 % dibanding periode sama tahun lalu.

Fintech lending ini juga bakal meluncurkan produk pembiayaan untuk kendaraan bermotor (car loan). Rencananya, kedua produk pinjaman itu diluncurkan pada akhir tahun ini.

STEVY WIDIA

Exit mobile version