youngster.id - Alacarte, aplikasi keanggotaan restoran premium resmi meluncur di Jakarta. Sasaran penggunanya adalah kalangan menengah hingga ke atas, sampai profesional muda.
Alacarte memberikan penawaran hidangan kepada para anggotanya berupa beli-1-gratis-1 (buy-one-get-one) di restoran ternama yang sudah menjadi mitra. Anggota akan menikmati penawaran mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, makanan pencuci mulut, koktail, dan lainnya.
“Kami ingin menjembatani kebutuhan pemilik restoran dan pelanggan dengan memperkenalkan produk yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Anggota dapat menjelajahi restoran baru sambil menghemat hingga 50% dari total tagihan,” ungkap Ferdinand Sutanto CEO Alacarte dalam keterangan pers belum lama ini.
Ia menjelaskan, ide mendirikan Alacarte dimulai sejak awal 2017 bersama Low Meng Ee Kenneth (COO), dan Philip Chen (Direktur). Mereka melihat di Jakarta saja, terdapat lebih dari 380 juta transaksi di restoran senilai US$1,5 miliar dalam setahun.
Dari angka tersebut, terlihat bahwa orang Jakarta suka menyantap makanan bersama di restoran. Akan tetapi, permasalahannya terletak di kemacetan sehingga opsi untuk santap bersama tersebut jadi terkendala karena harganya yang mahal. Ferdinand juga mengungkapkan perusahaan telah menerima investasi dari angel investor dengan identitas yang dirahasiakan. Aplikasi Alacarte sudah tersedia di Google Play Store dan App Store.
Dia mengklaim dengan keanggotaan, pengguna Alacarte bisa menghemat sebanyak lebih dari Rp50 juta per tahun. Asumsi ini diambil dari jumlah restoran yang sudah jadi mitra dihubungkan dengan penghematan hingga 50% dari total tagihan.
Untuk menikmati penawaran tersebut, pengguna diwajibkan membayar sejumlah uang keanggotaan. Ada dua tipe keanggotaan yang ditawarkan, yaitu lite membership dengan membayar Rp199 ribu berlaku untuk mencoba selama satu bulan saja sebelum membeli membership tahunan. Sementara, untuk premium membership dengan membayar Rp599 ribu berlaku selama satu tahun.
Mekanisme kemitraan antara Alacarte dengan restoran, jadi setiap restoran menyediakan tiga jenis promosi beli-1-gratis-1. Anggota premium dapat memilih ketiganya secara sekaligus, namun tidak bisa redeem kembali untuk promosi yang sama. Jangka waktu redeem sepanjang tahun keanggotaan aktif.
Sementara untuk anggota lite, mereka hanya bisa memilih satu dari tiga promosi yang ingin mereka kehendaki. Setelah dipilih, secara otomatis dua promo lainnya akan terblokir sehingga tidak bisa digunakan.
Menurut Ferdinand dengan mekanisme tersebut, tentunya akan menguntungkan pemilik restoran beserta anggota. Bagi pemilik restoran, mereka akan mendapat konsumen baru yang sesuai dengan target pasarnya main, meningkatkan jumlah kunjungan, dan meningkatkan cross-sell melalui penawaran beli-1-gratis-1. Sedangkan bagi anggota, mereka dapat menikmati restoran baru dengan biaya yang hemat dikantong.
Saat ini, Alacarte baru bermitra dengan restoran berskala menengah ke atas yang berlokasi di Jakarta dengan total lebih dari 100 restoran. Terdapat lebih dari 300 penawaran yang bisa dinikmati anggota. Untuk sementara baru melayani pengguna yang berlokasi di sekitar Jakarta.
STEVY WIDIA
Discussion about this post