youngster.id - Logistik produk kerap menjadi masalah bagi e-commerce dalam memenuhi layanan kepada konsumen. Untuk itu, Alfacart.com berkomitmen untuk memperkuat layanan Online-to-Offline (O2O). Langkah ini diharapkan akan dapat meningkatkan bisnis dan kualitas baik terhadap konsumen maupun mitra penjualan.
Menandai komitmennya ini, Alfacart.com mempererat kolaborasinya dengan Alfamart dalam membangun jaringan yang semakin luas guna meningkatkan mutu layanan serta memperluas jangkauan bisnisnya.
“Pertumbuhan transaksi Alfacart.com terus mengalami kenaikan signifikan setiap bulannya. Dan layanan O2O yang menjadi andalan strategis kami telah menunjukkan keberhasilan dalam mendorong masyarakat Indonesia untuk kian meminati transaksi online sekaligus mengurai beberapa simpul persoalan yang selama ini menjadi tantangan industri,” ucap Catherine Hindra Sutjahyo, CEO Alfacart.com kepada media, Jumat (16/12/2016) di Jakarta.
Menandai komitmennya ini, kata Catherine, Alfacart.com mempererat kolaborasinya dengan Alfamart. Sehingga layanan pengambilan barang (pick up point) telah dapat dilakukan pada sekitar 8000 Toko Alfamart. Sedang layanan pembayaran langsung di toko setempat (pay at Store) dapat dilakukan pada 12.389 Toko Alfamart. Bahkan, Toko Alfamart juga siap melayani para mitra penjual dalam mengirimkan produk-produk yang dipasarkannya melalui Alfacart.com.
Langkah ini menurut Catherine merujuk pada berbagai sumber yang menyebutkan tantanga industri e-commerce Indonesia adalah logistik, pembayaran, infrastruktur, hingga persoalan masih rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat dalam berbelanja online.
“Layanan O2O kami memungkinkan untuk menjawab berbagai tantangan tersebut. Dalam hal logistik, jaringan distribusi terluas yang dimiliki oleh Alfacart.com yang terbangun berkat kolaborasi sinergis dengan Alfamart, menjadikan pengiriman barang dengan kualitas terjamin dapat menjangkau hingga ke wilayah yang selama ini belum terjangkau oleh layanan logistik pada umumnya. Konsumen di wilayah yang selama ini tidak dapat terjangkau oleh layanan pengiriman barang, dapat menuju ke Toko Alfamart terdekat,” papar Catherine.
Penyediaan fasilitas ini adalah komitmen teguh Alfacart.com selaku marketplace yang selaras dengan upaya pemerintah untuk mendorong para pelaku bisnis skala kecil dan menengah untuk go-digital. Layanan ini memberi kemudahan bagi mitra penjual untuk mengirimkan produk yang dijual.
“Kami berharap dapat mendukung optimalisasi kinerja para mitra ”“ khususnya kalangan UKM atau UMKM, dalam mengakselerasi pemasaran mereka,” ujar Haryo Suryo Putro, COO & CMO Alfacart.com.Kolaborasi sinergis ini menjadikan Alfacart.com saat ini tercatat sebagai pelaku e-Commerce dengan jaringan O2O terbesar di tanah air.
STEVY WIDIA
Discussion about this post