AMD Perluas Portofolio Prosesor Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Berbagai Segmen

youngster.id - Penerapan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) telah mendorong peningkatan efisiensi dan produktivitas di berbagai bidang di Indonesia. Melihat potensi AI yang sangat besar dan beragam, AMD memperluas portofolio berbasis AI dengan menghadirkan jajaran prosesor AMD Ryzen AI mobile dan desktop untuk berbagai segmen mulai dari konten creator, desainer, gamer, pelajar hingga bisnis kecil dan menengah.

“Kami percaya AI akan mendefinisikan era komputasi berikutnya, dan potensi sepenuhnya hanya dapat diwujudkan ketika teknologi tersebut tersebar luas – mencakup cloud, edge, dan end point. Untuk itu AMD menghadirkan jajaran prosesor terbaru yang memberikan produktivitas lebih optimal dengan pengalaman teknologi AI canggih serta konektivitas premium,” kata Peter Chambers, Managing Director, Sales, APAC, AMD pada Selasa (11/6/2024) di Jakarta.

Menurut dia, potensi AI yang sangat besar dan beragam khususnya di Indonesia. Hal ini akan memberikan peluang bagi pembagunan berkelanjutan, pengaruh sosial, dan tentunya ekspansi ekonomi yang dapat meningkatkan taraf hidup dengan memanfaatkan teknologi AI secara optimal. Untuk itu, AMD menghadirkan AMD Ryzen PRO 8040 Series bar, prosesor x86 tercanggih yang dibuat untuk laptop bisnis dan workstation mobile. AMD juga menampilkan prosesor desktop AMD Ryzen PRO 8000 Series, prosesor desktop berkemampuan AI pertama untuk pengguna bisnis, yang dirancang untuk menghadirkan kinerja mutakhir dengan konsumsi daya rendah.

Lalu untuk kelas enterprise ada prosesor AMD EPYC 4004 Series yang melengkapi portofolio CPU server AMD EPYC yang telah ada dengan penawaran baru biaya optimal. Produk ini sesuai untuk usaha kecil dan menengah serta penyedia layanan hosting IT. Sementara untuk menjangkau segmen consumer, AMD menghadirkan AMD RyzenTM 8040 Series dengan dukungan AI- ready dan fitur-fitur baru lainnya untuk pembuatan konten, bermain game tanpa hambatan dan produktivitas harian dengan kinerja menakjubkan.

“PC komersial yang dilengkapi dengan prosesor baru berkemampuan AI Ryzen akan membantu mentransformasikan pengalaman pengguna, menawarkan kinerja generasi berikutnya untuk kolaborasi yang didukung AI, pembuatan konten, serta beban kerja data dan analitik, ” kata Brando Lubis Commercial Lead AMD Indonesia.

Dia menegaskan, Fitur AMD Ryzen AI yang dibenamkan pada model-model prosesor tertentu menjadikan AMD semakin terdepan dalam kepemimpinan AI PC-nya. Bahkan dengan memanfaatkan CPU, GPU, dan unit pemrosesan saraf (NPU) on-chip khusus, prosesor baru bertenaga AI Ryzen menghadirkan kekuatan pemrosesan AI khusus yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, dengan hingga 16 NPU TOPS (Triliun Operasi Per Detik) khusus dan hingga 39 total sistem TOPS.

Sementara itu Business Development Manager AMD Indonesia Armawati Cen mengakui, sisi lain dari penerapan AI ini adalah ketidakpastian tentang waktu yang tepat untuk dapat mengadopsi AI.

“Hal itu karena kurangnya peta jalan implementasi dan kesiapan keseluruhan dari beragam hardware dan teknologi yang ada. Untuk memastikan organisasi atau perusahaan memiliki platform komputasi terbaik dalam mengimplementasikan solusi AI, AMD berfokus pada pengembangan solusi mutakhir dengan kemampuan AI di seluruh portofolio produk – dari cloud hingga endpoint– sambil bekerja dalam kolaborasi yang erat dengan industri terbuka- software standar, ” ungkapnya.

Lini prosesor AMD Ryzen 8040 tersedia lewat produk-produk laptop dari para mitra AMD di Indonesia, termasuk Advan, Asus, HP, Lenovo, dan MSI.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version