Anak Indonesia Juara Lukis Lingkungan Hidup Internasional

Salya Richita Susanto menjadi juara kompetisi internasional melukis lingkungan hidup bertema energi terbarukan. (Foto : istimewa)

youngster.id - Anak Indonesia, Salya Richita Susanto menjadi juara kompetisi internasional melukis lingkungan hidup bertema energi terbarukan. Dia mendapatkan hadiah dan sertifikat penghargaan dari Deputi Direktur Eksekutif Badan PBB untuk lingkungan hidup (UNEP), Ibrahim Thiaw di Nairobi.

“Saya bahagia sekali bisa menjuarai kompetisi melukis internasional ini,” kata Salya Richita Susanto saat menerima hadiah tersebut yang dilansir situs resmi Kementerian Luar Negeri RI baru-baru ini. Kompetisi melukis tersebut merupakan lomba melukis internasional ke-24 yang diselenggarakan oleh UNEP (United Nations Environment Programme), dan diikuti oleh sekitar 63.000 anak-anak dari 66 negara.

“Melalui kompetisi ini, para peserta mengirimkan pesan kepada seluruh dunia untuk bersama-sama menyelamatkan planet bumi,” kata Ibrahim Thiaw.

Dia menilai bahwa penanaman kesadaran tentang pelestarian lingkungan hidup sejak usia dini, terutama tentang penggunaan energi terbarukan, sangat penting untuk dilakukan mengingat perkiraan bahwa lebih dari setengah penduduk bumi adalah kaum muda berusia di bawah 25 tahun.

Duta Besar RI di Nairobi, Soehardjono Sastromihardjo mengatakan kampanye pemanfaatan energi terbarukan seperti berbasis tenaga surya, angin dan biomassa perlu terus dikembangkan.

“Kita bangga, anak Indonesia mampu meraih penghargaan dalam kompetisi internasional ini. Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong kesadaran bersama, terutama generasi muda, untuk memanfaatkan energi terbarukan dan menggunakan energi secara efisien,” kata Dubes Soehardjono Sastromihardjo.

Sejak pertama kali diluncurkan pada 1991, tercatat sekitar tiga juta anak-anak dari berbagai belahan dunia pernah berpartisipasi sebagai peserta dengan mengirimkan lukisan hasil karyanya ke UNEP.

 

STEVY WIDIA

Exit mobile version