Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

3 Tips Bagi Pelaku UMKM untuk Genjot Performa Bisnis Sampai Akhir Tahun

27 April 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
SIRCLO Group

Sinergi Pelaku E-Commerce Jadi Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Digital (Foto: dok.youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Semester kedua 2023 sudah di depan mata. Bagi pemilik bisnis, khususnya UMKM, pertengahan tahun menjadi waktu yang tepat untuk memonitor dan mengevaluasi performa bisnis selama semester pertama agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum mengembangkan strategi bisnis untuk sisa waktu jelang akhir tahun.

Dilihat dari kacamata ekonomi nasional, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada Januari 2023 menyatakan bahwa Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) masih bergerak di level optimis yakni 123,0.

Selain itu, terobosan transformasi ekonomi dalam bentuk Perppu Cipta Kerja dan UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) dinilai mampu menjadi pilar untuk menciptakan lapangan kerja, menjaga stabilitas sektor keuangan dan nilai tukar, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal itu turut berperan dalam memantik semangat para pelaku UMKM untuk terus berinovasi menghasilkan karya lokal terbaik. Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO membagikan tiga tips bagi para pelaku UMKM dalam mengevaluasi kinerjanya agar siap menghadapi semester kedua 2023.

  1. Pentingnya Memanfaatkan Momentum Spesial dalam Meluncurkan Kampanye Marketing

Merek yang kuat dan dikenal di pasaran dapat membantu pelaku UMKM menarik pelanggan, memperkuat posisi merek di pasar, hingga akhirnya meningkatkan profitabilitas. Namun, jika strategi pemasaran tidak diperbarui serta tidak sesuai dengan tren pasar dan target audiens, hal tersebut dapat menjadi hambatan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di mata konsumen. Oleh karena itu, peremajaan strategi kampanye marketing menjadi hal yang penting bagi pelaku UMKM agar dapat memperkuat relevansi mereka di pasar yang terus berkembang.

Baca juga :   Traveloka Apresiasi Film Impian 1.000 Pulau Dengan #1ticket1mangrove

Salah satu teknik pemasaran yang patut dicoba pelaku UMKM adalah meluncurkan kampanye yang dikaitkan dengan momentum spesifik. Beberapa momen yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi di antaranya seperti momen hari raya Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, atau bahkan pergantian tahun ajaran baru dan hari-hari spesial lainnya. Pelaku UMKM dapat mencoba mengimplementasikan berbagai jenis promosi seperti menggunakan packaging yang variatif, memberikan promo diskon dan potongan harga, ataupun menyediakan produk gimmick spesial yang khusus tersedia pada momen tersebut sehingga mendorong minat konsumen untuk membelinya

  1. Ketahui Waktu Favorit Belanja Konsumen

Berdasarkan data internal SIRCLO, selama kuartal pertama 2023 waktu favorit belanja konsumen terbagi menjadi dua rentang waktu, yakni pagi dan malam hari. Di pagi hari, konsumen rata-rata aktif berbelanja dari pukul 10.00 hingga 12.00. Sedangkan pada malam hari, konsumen aktif berbelanja di waktu pasca beraktivitas, yaitu pukul 19.00 hingga 21.00.

Baca juga :   Kontribusi SIRCLO bagi Pertumbuhan UMKM

Dengan mengetahui waktu favorit belanja konsumen, tentu pelaku UMKM perlu memanfaatkannya untuk meningkatkan performa penjualan. Terdapat beberapa trik yang patut dicoba untuk memaksimalkan cuan selama periode waktu favorit belanja konsumen, di antaranya memberikan promo dengan waktu terbatas, mempublikasikan konten promosi pada jam-jam khusus, hingga memaksimalkan iklan dengan konten yang bersifat interaktif, seperti dalam format video.

  1. Manfaatkan Strategi Penjualan Multikanal

Berdasarkan riset SIRCLO dan Katadata Insight Center, 85,6% konsumen memilih marketplace sebagai kanal berbelanja online terfavorit. Selain itu, sebanyak 85,2% konsumen juga mengungkapkan preferensi mereka dalam menggunakan lebih dari satu marketplace untuk berbelanja daring. Dengan mengimplementasikan penjualan multikanal, pelaku UMKM dapat menyesuaikan perjalanan pembelian sesuai dengan kanal favorit konsumen sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan jangkauan produk.

Selain itu, pelaku UMKM perlu memastikan bahwa setiap kanal penjualan yang digunakan dapat terintegrasi untuk proses bisnis yang lebih mulus dan transparan. Laporan Dampak SIRCLO Group 2022 menemukan bahwa 83,8% pemilik merek lokal mengalami kesulitan dalam mengelola penjualan online. Mereka harus mengelola setidaknya tiga saluran penjualan online setiap harinya, dengan dua di antaranya merupakan kanal marketplace.

Sejak tahun 2019, SIRCLO Store menghadirkan fitur Integrasi Marketplace guna menyokong para pelaku UMKM dalam mengelola toko mereka di berbagai marketplace berbeda. Fitur ini dikemas dalam sistem manajemen/sinkronisasi marketplace untuk mengelola stok, mengatur pengiriman, memperbaharui katalog produk, hingga membalas chat pelanggan di banyak kanal marketplace hanya dalam satu dasbor. Hingga saat ini sudah terdapat 7 marketplace yang telah terintegrasi dengan SIRCLO Store, yakni Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, Zalora, hingga Tiktok Shop.

Baca juga :   Konferensi Nasional Maju Digital, Buka Wawasan Pelaku UMKM

“Kami menyadari pentingnya periode pertengahan tahun bagi pemilik bisnis. Periode ini memungkinkan pemilik bisnis untuk menarik wawasan selama enam bulan ke belakang dan menjadikannya sebagai basis yang kuat untuk menyusun strategi hingga akhir tahun. Dengan optimisme perekonomian nasional pada awal tahun serta pola perilaku konsumen yang semakin terbentuk pasca pandemi, kami yakin pelaku UMKM dapat secara konsisten meningkatkan performa penjualan hingga akhir tahun. Tentunya hal ini dapat terwujud dengan strategi bisnis yang terpadu serta pemanfaatan teknologi yang maksimal. SIRCLO melalui SIRCLO Store siap mendorong pelaku UMKM berjuang meraih pencapaian yang bermakna sepanjang tahun 2023,” kata Ferry.

 

HENNI S.

Tags: fitur integrasi marketplacePelaku UMKMSirclo storestrategi bisnis
Previous Post

OpenAI Luncurkan Mode Penyamaran pada ChatGPT Untuk Tingkatkan Kecerdasan Buatan

Next Post

Prosesor Ryzen Z1 Series Beri Pengalaman Gaming Elit dan Portabilitas Ekstrim

Related Posts

aplikasi Krom Bank
Headline

Strategi Efektif, Dana Pihak Ketiga Krom Bank Tumbuh 44,7% di Kuartal I 2025

20 Mei 2025
0
lazada-QRIS on Delivery
News

Lazada Business Advisor, Beri Panduan Ambil Keputusan Bisnis Yang Jitu

26 Juli 2024
0
aplikasi Merchant BCA
News

Agar Pelaku Usaha Jadi Serba Bisa, BCA Luncurkan Aplikasi “Merchant BCA”

4 Maret 2024
0
Load More
Next Post
AMD Ryzen Z1

Prosesor Ryzen Z1 Series Beri Pengalaman Gaming Elit dan Portabilitas Ekstrim

Karla Bionics

Startup Karla Bionics Masuk 5 Besar CYBATHLON Challenges 2023

BCA Syariah Siap Merger Dengan Bank Royal

Laba BCA Capai Rp11,5 Triliun Pada Kuartal I/2023, Didorong Ekspansi Volume Kredit

Discussion about this post

Recent Updates

Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
Waste4Change

Waste4Change Catat Pertumbuhan Rata-rata Tahunan 88% dan Kelola 64,9 Juta Kg Sampah dalam Satu Dekade

26 September 2025
social commerce

MSC: 74% Pelaku Social Commerce Masih Mengandalkan Dana Pribadi Untuk Modal Usaha

26 September 2025
AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

AICO Community, Jembatani Kemampuan Mahasiswa Menggunakan dan Menciptakan Teknologi AI

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version