4 Tips Finansial Lebih Sehat untuk Milenial

Finansial milenial

4 Tips Finansial Lebih Sehat untuk Milenial (Foto: Ilustrasi)

youngster.id - Pergantian tahun kerap kali dijalani dengan membuat resolusi baru. Berbagai keinginan ditetapkan sebagai target yang harus dicapai satu tahun penuh. Dalam hal keuangan, memiliki kondisi finansial yang sehat menjadi salah satu resolusi yang ingin diwujudkan banyak orang, terlebih lagi kaum milenial.

Berdasarkan riset dari OCBC NISP Financial Fitness Index, ternyata 85,6% generasi muda Indonesia belum memiliki kondisi finansial yang sehat dan hanya 16% yang memiliki anggaran dana darurat.

“Memiliki kondisi keuangan yang sehat tentu menjadi tujuan semua orang. Selain meningkatkan kualitas hidup, kesehatan finansial juga menjadi faktor penentu kemampuan keuangan kita di masa depan. Jika kita sudah mengatur keuangan dengan baik sejak dini, kedepannya kita dapat terhindar dari risiko keuangan yang tidak diinginkan,” kata Public Relations Manager Qoala, Ricky Alexander Samosir.

Sebenarnya, untuk mencapai finansial sehat bukan perkara yang sulit. Dibutuhkan pemahaman dan pengetahuan yang tepat agar dapat membantu para milenial ini meningkatkan kondisi finansialnya. Berikut tips untuk mulai memiliki finansial sehat:

Pahami piramida keuangan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami bagaimana perencanaan keuangan dilakukan dan apa saja yang perlu disiapkan. Mempelajari piramida keuangan dapat membantu Anda untuk mengetahui apa saja prioritas kita dalam hal keuangan. Mulai dari dana darurat hingga investasi, semua diatur sesuai tingkatan masing-masing dalam piramida keuangan.

Mengatur keuangan sesuai keperluan

Pahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Hal ini berguna agar uang yang kita keluarkan sesuai dengan yang kita perlukan. Catat terlebih dahulu dan hitung dengan benar pengeluaran Anda setiap bulannya. Hal ini membantu Anda menentukan apa saja pengeluaran wajib dan tidak wajib untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan  pendapatan.

Gunakan metode 50:30:20

Anda bisa menggunakan metode rumus 50:30:20 untuk membantu mengatur pengeluaran. Metode ini membagi pendapatan bersih menjadi tiga bagian. Anda harus menyisihkan 50% dari pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari dan juga tagihan wajib. Sisihkan 30% dari pendapatan untuk hiburan dan keinginan lainnya supaya Anda tetap bisa memiliki bersenang-senang sambil mengelola keuangan dengan baik. Sisihkan lagi 20% dari pendapatan untuk tabungan dan investasi. Hal ini bisa dalam bentuk dana darurat, asuransi, ataupun dana pensiun.

Persiapkan proteksi masa depan

Salah satu poin penting dalam perencanaan keuangan yang sehat adalah memiliki proteksi asuransi. Selain memberikan ketenangan pikiran, asuransi memberikan jaminan di masa depan bagi perlindungan terhadap diri sendiri maupun aset yang Anda miliki. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti sakit, kecelakaan, kehilangan hingga kematian. Asuransi di sini tak hanya soal kesehatan, tapi bisa juga asuransi pendidikan, asuransi kendaraan, asuransi rumah, atau asuransi lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu. (*AMBS)

Exit mobile version