Rabu, 12 November 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Masyarakat Siapkan Anggaran Tambahan Lebih Dari Rp2,5 Juta Selama Ramadan

4 April 2023
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
tsurvey Ramadan 2023

Tsurvey Ramadan Consumer Behavior Insight 2023. (Foto: istimewa/youngster.id)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Telkomsel Enterprise melalui solusi tSurvey.id merilis hasil riset dan survei terbarunya terkait Ramadan Consumer Behavior Insight 2023. Salah satunya didapati hamper 20% responen menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp2,5 juta untuk berbelanja selama Ramadan.

Survei ini melibatkan lebih dari 2.500 responden dari pelanggan Telkomsel yang tersebar di 27 provinsi Indonesia dengan berbagai latar belakang.

Vice President Data Solutions Telkomsel, Alfian Manullang mengatakan, dengan dirilisnya hasil riset dan survei dari solusi tSurvey.id ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku bisnis dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2023.

“Sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel berkomitmen untuk selalu dapat memberikan layanan terdepan dan bernilai tambah melalui berbagai layanan digital dan inisiatifnya, sehingga bisa membuka lebih banyak peluang kemajuan bagi para pelaku bisnis dan masyarakat dengan memaksimalkan potensinya melalui pemanfaatan teknologi digital,” kata Alfian dalam keterangan pers, Selasa (4/4/2023).

Baca juga :   Capgemini: Dua Tahun ke Depan, Generative AI Akan Digunakan Tenaga Kerja Perangkat Lunak

Hasil survei terkait pengeluaran selama Ramadan, mendapati hampir 20% responden menyiapkan anggaran tambahan lebih dari Rp 2,5 juta untuk berbelanja. Produk makanan dan minuman mengalami kenaikan anggaran tertinggi yang kemudian disusul untuk fashion, seperti pakaian dan sepatu.

Selain itu ada 3 kategori teratas yang dibeli responden secara impulsif dengan mencakup untuk fashion (74%), makanan/minuman (48%), dan barang elektronik (24 %). Berbagi hampers (parsel atau bingkisan) kini juga semakin menjadi tren khususnya menjelang momen Idul Fitri, di mana sebanyak 52 persen responden telah menyiapkan anggaran khusus untuk hampers dengan rerata anggaran sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu/bungkus.

“Bersamaan dengan pemerintah yang sudah membuka kemudahan pembatasan aktivitas masyarakat pasca masa pandemi COVID-19 yang semakin mereda, aktivitas dan mobilitas masyarakat di luar rumah mulai meningkat, seperti berbuka puasa bersama dengan teman dan kerabat hingga mudik libur lebaran ke luar kota,” kata Alfian lagi.

Baca juga :   Mendorong Batas Artificial Intelligence dengan Pemanfaatan Edge Computing

Sehingga dalam survei, 45% responden lebih memilih restoran dan kafe sebagai tempat berbuka puasa bersama, serta anggaran yang disiapkan berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Namun, terdapat insight lain terkait makanan alternatif untuk sahur dan berbuka, frozen food menjadi alternatif favorit untuk sahur dengan persentase 23 persen, sedangkan food delivery menjadi alternatif favorit untuk makanan berbuka dengan persentase 30 persen.

Survei ini juga mendapati, 72% responden lebih memilih mudik untuk libur lebaran, di mana sebagian besar responden mulai membeli tiket transportasi umum dan menyiapkan anggaran untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi. Responden yang mudik menggunakan transportasi umum, sebanyak 81% di antaranya mulai membeli tiket sekitar satu minggu hingga satu bulan sebelum hari lebaran.

Kemudian, reponden yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebagian besar menyiapkan anggaran untuk servis kendaraan, di mana sebanyak 64% responden menyiapkan anggaran servis kendaraan hingga Rp 1 juta, serta 60% reponden lebih memilih bengkel resmi yang terpercaya untuk servis kendaraannya.

Baca juga :   AwanPintar.id: Botnet Mirai Merajalela pada CVE & OSV

Insight Ramadan dan mudik lebaran tersebut juga merupakan informasi terbaru tentang insight dari pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk lebih memahami pola perilaku dan preferensi dari potensi market-nya.

 

STEVY WIDIA

Tags: Ramadan Consumer Behavior Insight 2023Telkomsel EnterprisetSurvey.id
Previous Post

Startup Edutech Asal Vietnam Prep Raih Pendanaan US$ 1 juta

Next Post

Tim Mahasiswa UI Wakili Indonesia di Final ICAEW China & South-East Asia Business Challege

Related Posts

Kolaborasi Jadi Kunci Transformasi Dunia Bisnis Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global
News

Kolaborasi Jadi Kunci Transformasi Dunia Bisnis Di Tengah Ketidakpastian Ekonomi Global

22 Agustus 2025
0
Telkomsel Solution Day 2025, Dorong Inovasi dan Perkuat Sinergi Lintas Ekosistem
Headline

Telkomsel Solution Day 2025, Dorong Inovasi dan Perkuat Sinergi Lintas Ekosistem

21 Agustus 2025
0
Riset
Headline

Kompetisi Riset Nasional 2025, Upaya Perkuat Ekosistem Riset Data-Driven di Indonesia

22 Mei 2025
0
Load More
Next Post
Tim Gelora UI - Juara IBC 2023

Tim Mahasiswa UI Wakili Indonesia di Final ICAEW China & South-East Asia Business Challege

aplikasi Indodax

Mudahkan Investor Membeli Kripto, Indodax Luncurkan Fitur Baru

UR Festival 2023

Potensi Pasar Produk IoT di Indonesia Diprediksi Capai Rp444 Triliun di 2025

Discussion about this post

Recent Updates

Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Lintasarta

Bidik Pangsa Konektivitas AI Indonesia, Lintasarta Perluas Kapasitas Jaringan

11 November 2025
PLTS Schneider Electric

Jaga Stabilitas PLTS, Schneider Electric Tawarkan Pemutus Sirkuit 800V AC

11 November 2025
CyberArk

CyberArk Rilis Kontrol Hak Akses Khusus untuk Agen AI Berisiko Tinggi

11 November 2025
OYO SuperAgent

OYO Catat Pertumbuhan 10x Program Pemberdayaan Komunitas Lokal SuperAgent

11 November 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version