Senin, 30 Januari 2023
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result

Mau Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil? Ini Tipsnya

11 Januari 2023
in Analyze
Reading Time: 2 mins read
Tokopedia

Mau Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil? Ini Tipsnya (Foto: istimewa/youngster.id)

youngster.id - Sejatinya, setiap orang bisa memulai usaha, sekalipun dengan modal kecil. Asalkan tahu strategi dan cara pemasarannya.

Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustiana mengatakan, sekitar 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. Dari jumlah itu, hampir 100% adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah.

Untuk itu, Maisyalina membagikan tips bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil.

  1. Pastikan ada peminat, cari tahu produk terlaris di Tokopedia

Gunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori. “Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” jelas Maisyalina.

  1. Pelajari profil calon pembeli

Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” tambah Maisyalina.

  1. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi

Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” tambah Maisyalina.

  1. Pertimbangkan bangun tim untuk menunjang bisnis

Kehadiran tim dapat mendorong produktivitas usaha. Bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat. “Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko,” jelas Maisyalina.

  1. Lakukan performance marketingsesuai kebutuhan

Performance marketing, salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.

“Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” tutup Maisyalina.

 

HENNI S.

Tags: tips bisnisTokopediausaha rumahan
Previous Post

Tahun 2022 Xurya Memproduksi Lebih dari 500 Juta Energi Bersih

Next Post

Moduit Gandeng Finansialku Dirikan Advisor Academy Bagi Milenial dan Gen Z

Related Posts

perilaku belanja konsumen
Analyze

Tren Perilaku Belanja Konsumen: Bisnis Perlu Beradaptasi dalam Ekosistem Digital

27 Januari 2023
0
strategi bisnis
Analyze

4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis Hadapi Tantangan Ekonomi 2023

5 Januari 2023
0
Fintech
Analyze

Lanskap Fintech dan Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia Sepanjang Tahun 2022

29 Desember 2022
0
Load More
Next Post
Moduit dan Finansialku

Moduit Gandeng Finansialku Dirikan Advisor Academy Bagi Milenial dan Gen Z

IoH x Kadin

Pendaftaran Beasiswa Coding Bersertifikat Global Dibuka, Targetkan 3.000 Peserta

Dilayani Tokopedia

GoTo Ambil Alih Bisnis Pergudangan Milik Tokopedia Swift Logistics

Discussion about this post

Berita Terbaru

Lumix Creative Universe

Lumix Creative Universe, Ajang Motivasi dan Apresiasi bagi Kreator Sineas Indonesia

30 Januari 2023
0
Kelas Pintar Fernando

Kelas Pintar Hadirkan Solusi Belajar Bagi Siswa Untuk Pilih Jurusan Sesuai Minat

30 Januari 2023
0
ChatGPT

ChatGPT Jadi Platform Digital Tercepat Dalam Capai 1 Juta Pengguna

30 Januari 2023
0
startup status

Pendanaan Global Turun, Jumlah Unicorn Baru Juga Berkurang

30 Januari 2023
0
Pinjaman online

Total Penyaluran Pendanaan Fintech Capai Rp495,51 Triliun

30 Januari 2023
0
Domain .id

Nama Domain .ID Jadi Yang Tertinggi di Asia Tenggara

29 Januari 2023
0
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
  • Digital Community

Copyright © 2016 - 2023 PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

Add youngster.id to your Homescreen!

Add
Go to mobile version