Rabu, 9 Juli 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Minat Masyarakat Indonesia Untuk Perbarui Perangkat Digital Meningkat

12 Juni 2025
in Analyze
Reading Time: 3 mins read
Minat Masyarakat Indonesia Untuk Perbarui Perangkat Digital Meningkat

Perangkat digital telah menjadi bagian keseharian masyarakat Indonesia. (Foto: ilustrasi/istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Seiring dengan perkembangan transformasi digital di Indonesia, terjadi pergeseran yang jelas dari cara masyarakat untuk terhubung dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Laporan terbaru GrabAds berjudul “Southeast Asia (SEA) Consumer Internet, Mobile and Digital Lifestyle Insights” menunjukkan bahwa 3 dari 5 pengguna Grab di Indonesia berencana memperbaharui smartphone mereka di tahun 2025.

Director for Grab For Business Grab Indonesia Roy Nugroho mengatakan, laporan ini ingin memberikan gambaran berbasis data kepada para penyedia layanan telekomunikasi dan produsen perangkat tentang bagaimana kebutuhan dan ekspektasi konsumen terus berkembang.

“Dengan meningkatnya penggunaan layanan prabayar, banyaknya keluarga yang mengandalkan perangkat mobile, hingga ekosistem perangkat yang semakin beragam, dapat menjadi sinyal bahwa pelaku bisnis perlu mulai memikirkan ulang strategi bisnis mereka, mulai dari penawaran bundling hingga pendekatan ritel omnichannel agar bisa lebih tepat sasaran dalam menjangkau konsumen yang selalu ingin terhubung secara digital,” katanya dikutip Rabu (11/6/2025).

Lebih lanjut, Roy menjelaskan, dalam laporan tersebut ditemukan juga kebiasaan pengguna di Indonesia yang semakin sering menggunakan beberapa perangkat secara bersamaan. Saat terhubung ke Wi-Fi, smartphone (87%), laptop (68%), dan smart TV (58%) menjadi tiga perangkat yang paling sering digunakan secara bersamaan oleh pengguna Grab saat terhubung ke Wi-Fi.

Baca juga :   GrabKitchen Bangun Dapur “Satelit”

Menariknya, minat terhadap perangkat digital tidak hanya terbatas pada ponsel. Tahun ini, banyak pengguna juga mulai mempertimbangkan untuk membeli teknologi dan peralatan lain, seperti peralatan rumah tangga (39%), laptop (38%), serta tablet atau smart TV (26%).

“Bagi pengguna Grab di Indonesia, kebutuhan untuk selalu terhubung secara digital untuk pemenuhan kebutuhan sudah menjadi bagian dari gaya hidup, terlihat dari cara mereka menggunakan berbagai perangkat digital dalam aktivitas sehari-hari. Kondisi ini membuka peluang besar bagi brand untuk hadir secara relevan dalam keseharian konsumen,” ungkap Roy.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar pelaku bisnis dapat tetap kompetitif di tengah persaingan pasar saat ini.

#1: Kecepatan, stabilitas, dan harga layanan menjadi faktor utama dalam keputusan konsumen untuk berpindah penyedia layanan.

Konsumen Indonesia yang melek teknologi terus mencari paket langganan telekomunikasi yang dapat mendukung gaya hidup digital mereka. Bahkan, 1 dari 4 pengguna Grab di Indonesia yang disurvei bersedia berpindah provider untuk mendapatkan akses data seluler yang lebih cepat, paket data yang lebih murah, serta akses internet yang lebih stabil. Selain itu, 25% pelanggan internet tetap (broadband) menyatakan siap beralih provider demi mendapatkan koneksi yang lebih cepat dan stabil.

Baca juga :   4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis Hadapi Tantangan Ekonomi 2023

Data GrabAds menunjukkan calon pelanggan broadband di Indonesia menginginkan berbagai layanan tambahan dalam paket mereka, mulai dari layanan streaming (69%), perangkat rumah seperti TV, speaker, laptop, dan konsol game (44%), hingga diskon untuk paket seluler (37%).

#2: Pengalaman berbelanja langsung di toko tetap menjadi faktor penting dalam mendorong pembelian ponsel.

Meskipun belanja online semakin populer, pengalaman berbelanja langsung di toko tetap menjadi faktor penting dalam keputusan membeli ponsel. Menurut laporan GrabAds, 78% orang Indonesia yang berencana mengganti atau membeli ponsel baru menganggap pengalaman di toko sebagai motif pendorong utama karena mereka bisa mencoba produk secara langsung, membeli produk saat itu juga, dan mendapatkan bantuan staf untuk pengembalian atau penukaran produk.

Di sisi lain, konsumen yang memilih berbelanja online lebih mengutamakan kepraktisan. Mereka merasa bisa lebih hemat waktu, terhindar dari kemacetan karena tidak perlu bepergian ke toko, dapat menikmati promo eksklusif, dan lebih mudah membandingkan berbagai perangkat secara daring.

Baca juga :   Phising QRIS Palsu, Begini Metode dan Cara Pencegahannya

#3: Pengambil keputusan dalam keluarga berperan penting dalam pembelian produk digital

Di antara pengguna Grab yang disurvei dan berlangganan layanan telekomunikasi pascabayar, 1 dari 5 responden mengelola saluran tambahan untuk anggota keluarga lain, seperti pasangan (21%), orang tua (21%), anak (20%), dan anggota keluarga lainnya (37%).

Laporan ini juga menunjukkan bahwa orang tua di Indonesia dengan anak berusia 10 tahun ke atas merupakan segmen konsumen utama untuk pembelian smartphone. Berdasarkan hasil survei, 20% responden menilai usia 13–15 tahun sebagai waktu yang ideal untuk memperkenalkan smartphone kepada anak. Keputusan ini umumnya dipengaruhi oleh kebutuhan untuk mendukung pembelajaran anak dan menjaga keterhubungan keluarga.

Oleh karena itu, brand perlu menonjolkan fitur edukatif dan aspek keamanan dari perangkat digital saat menargetkan para orang tua, misalnya bagaimana perangkat dapat membantu anak belajar, mempermudah komunikasi dengan keluarga dan teman, serta memberikan bantuan saat keadaan darurat.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: ekspektasi konsumenGrab IndonesiaGrabAds
Previous Post

El Capitan dan Frontier Bertenaga AMD Duduki Tahta Superkomputer Global

Next Post

Sinergi OCBC & Ant International Dorong Pembiayaan Inklusif Bagi Pengusaha dan UMKM di Indonesia

Related Posts

Grab Hadirkan Fitur Pesan Meja di Lebih Dari 2.000 Restoran
News

Grab Hadirkan Fitur Pesan Meja di Lebih Dari 2.000 Restoran

8 Juli 2025
0
Grab Dorong Inklusi Digital UMKM Perempuan Dengan Pemanfaatan Teknologi AI
Headline

Grab Dorong Inklusi Digital UMKM Perempuan Dengan Pemanfaatan Teknologi AI

17 Juni 2025
0
News

Fitur Akun Keluarga Grab, Otomatis Pantau Perjalanan dan Pembayaran Satu Pintu

25 November 2024
0
Load More
Next Post
Sinergi OCBC & Ant International Dorong Pembiayaan Inklusif Bagi Pengusaha dan UMKM di Indonesia

Sinergi OCBC & Ant International Dorong Pembiayaan Inklusif Bagi Pengusaha dan UMKM di Indonesia

Lazada Kucurkan US$100 Juta Untuk Program Afiliasi

Program Afiliasi Dorong Pemberdayaan Talenta Digital

Telkomsel Perkaya Ekosistem Maxstrem Dengan Gandeng Mola TV

ATSI Nyatakan Transaksi Kuota Internet Sudah Sesuai Aturan

Discussion about this post

Recent Updates

AJARI.ai

Startup Pendidikan Berbasis AI AJARI.ai Raih Pengakuan Global Di Presight AI-Startup Accelerator

9 Juli 2025
Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

9 Juli 2025
Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

9 Juli 2025
Pemerintah Blokir “game online” Berbahaya

Pemerintah Akan Buat Sistem Rating dan Atur Batas Usia untuk Game Online

9 Juli 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
MilikiRumah

Proptech MilikiRumah Galang Pendanaan Private Equity Senilai US$50 Juta

20 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
AJARI.ai

Startup Pendidikan Berbasis AI AJARI.ai Raih Pengakuan Global Di Presight AI-Startup Accelerator

9 Juli 2025
Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

Samsung Innovation Campus 2025, Dorong Matematika Jadi Solusi Digital Berdampak

9 Juli 2025
Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

Sarah, Layanan Pelanggan Berbasis GenAI Yang Dipersonalisasi

9 Juli 2025
Pemerintah Blokir “game online” Berbahaya

Pemerintah Akan Buat Sistem Rating dan Atur Batas Usia untuk Game Online

9 Juli 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version