Minggu, 15 Juni 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Paylater Makin Diminati sebagai Metode Pembayaran Digital Pilihan Konsumen

3 Juni 2022
in Analyze
Reading Time: 3 mins read
Paylater

Jelang Lebaran, Tren Penggunaan Paylater Terus Meningkat (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Masyarakat Indonesia semakin terbiasa dengan transaksi digital melalui e-commerce. Lebih dari itu, Paylater pun semakin berkembang menjadi salah satu metode pembayaran digital pilihan konsumen. Bahkan, Paylater ini mampu mengakselerasi ekonomi digital yang inklusif di Indonesia.

Hal itu mengemuka dari hasil riset Kredivo dan Katadata Insight Center bertajuk Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia. Riset ini memanfaatkan data primer dengan 16 juta sampel transaksi pembayaran yang berasal dari 1,5 juta sampel pengguna Kredivo di lima e-commerce terbesar di Indonesia selama 2021 dan survey dengan lebih dari 3 ribu responden dari berbagai wilayah Indonesia.

“Beberapa temuan riset tahun ini semakin mengindikasikan inklusivitas layanan digital di Tanah Air. Kami juga melihat bahwa konsumen semakin nyaman dan percaya dalam menggunakan layanan keuangan digital untuk bertransaksi di e-commerce, salah satunya melalui Paylater yang mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kami berharap, riset tahunan ini dapat menjadi panduan bagi para pelaku industri digital dan instansi pemerintah terkait, untuk memperkuat infrastruktur digital sehingga jangkauan dan layanan e-commerce semakin inklusif dan aksesibel di seluruh wilayah Indonesia,” kata Head of Katadata Insight Center, Adek M. Roza, dalam keterangan pers, Jumat (3/6/2022).

Baca juga :   Ternyata, Laki-Laki Lebih Doyan Belanja Online

Hasil riset menunjukkan tren berbelanja online yang semakin menjadi preferensi masyarakat Indonesia, dengan jangkauannya yang semakin inklusif, terutama di daerah dengan populasi lebih rendah. Dibandingkan 2020, jumlah transaksi dan nilai transaksi e-commerce di kota-kota tier 2 mengalami peningkatan, dengan jumlah transaksinya meningkat dari 31% menjadi 34%, sedangkan nilai transaksinya meningkat dari 28% di 2020 menjadi 30% di 2021.

Inklusivitas layanan digital juga terlihat dari peningkatan transaksi konsumen yang berumur lebih tua, konsumen kelompok umur 36-55 tahun mengalami peningkatan jumlah transaksi berbelanja online, dengan konsumen umur 36-45 tahun meningkat dari 19% pada 2020 menjadi 23% pada 2021. Sedangkan konsumen umur 46-55 tahun meningkat dari 3% pada 2020 menjadi 5% pada 2021.

Karena tingginya aktivitas digital selama pandemi, jumlah transaksi pulsa dan paket data meningkat dari 14% di tahun 2020 menjadi 23% di 2021. Sementara itu, gadget dan aksesoris menjadi kategori produk dengan nilai transaksi tertinggi dan meningkat hingga 66% dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga :   Kredivo Peroleh Pendanaan Seri A

Laki – laki masih mendominasi transaksi di e-commerce. Pada tahun 2021, 62% jumlah transaksi dan 64% nilai transaksi berasal dari konsumen laki-laki. Selain itu, saat berbelanja online, konsumen laki-laki lebih banyak melakukan transaksi dan lebih banyak mengeluarkan uang dibandingkan konsumen perempuan.

Terdapat perbedaan preferensi barang yang dibeli konsumen laki-laki dan perempuan baik dalam hal jumlah maupun nilai transaksi. Konsumen laki-laki melakukan transaksi hampir dua kali lebih banyak untuk kategori otomotif dan elektronik sementara perempuan lebih banyak untuk kebutuhan makanan, kesehatan dan kecantikan, serta fashion. Berdasarkan nilai transaksi, konsumen perempuan cenderung mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan konsumen laki-laki untuk produk-produk dengan harga lebih tinggi seperti komputer, gadget, dan elektronik.

“Festival belanja online (Harbolnas) masih menjadi strategi efektif untuk menambah pengguna baru serta meningkatkan jumlah transaksi hingga 2 kali rata-rata transaksi harian,” tambah Adek.

Baca juga :   98% Pemimpin Perusahaan di Indonesia Telah Memiliki Target Sustainability

Sebagai salah satu metode pembayaran digital di e-commerce, Paylater mengalami pertumbuhan dari sisi penggunaan, dengan 38% konsumen yang menggunakan Paylater saat berbelanja di e-commerce dalam satu tahun terakhir, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 28% (2021). Masyarakat juga semakin familiar dengan metode pembayaran Paylater guna berbelanja secara online, dengan 90% dari responden mengetahui adanya metode pembayaran menggunakan Paylater, dan 65% responden menyatakan tidak menemukan kendala tertentu dalam penggunaan Paylater. 

Keunggulan Paylater sebagai metode pembayaran secara berkala dan kemudahan akses kredit digital bagi konsumen juga menjadi faktor yang mampu meningkatkan jumlah pengguna Paylater. Sebanyak 56% responden merasakan manfaat fleksibilitas dengan pembayaran cicilan Paylater, dan 55% responden menilai kemudahan akses Paylater membantu mereka yang sebelumnya kesulitan mendapatkan kredit. Selain itu 51% responden menilai dari segi keamanan karena Paylater yang terintegrasi dengan e-commerce sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). (*AMBS)

 

Tags: Katadata Insight CenterKredivometode pembayaran digitalPayLater
Previous Post

Telkom University Masih Menjadi PTS Terbaik Versi THE AUR 2022

Next Post

Tingkatkan Kompetensi SDM, Bank Papua Manfaatkan Aplikasi LMS dari Telkom

Related Posts

pendanaan Fintech
Headline

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
0
Kredivo
News

Optimis Kembali Meningkat, Selama Ramadan 2024 Transaksi Pengguna Kredivo Naik 3 Kali Lipat

12 Maret 2025
0
pembayaran digital
News

Mengenal Keunggulan Jenis-Jenis Metode Pembayaran

25 Oktober 2024
0
Load More
Next Post
Telkom x Bank Papua

Tingkatkan Kompetensi SDM, Bank Papua Manfaatkan Aplikasi LMS dari Telkom

Hackathon Nexus Indonesia

Inilah Pemenang Hackathon di Festival Energi Terbarukan [RE]Spark 2022

GoTo Motor Listrik

Grup GoTo Terapkan Tata Kelola ESG Di Semua Lini Usaha

Discussion about this post

Recent Updates

Samsung Solve for Tomorrow (SFT) 2025

Kompetisi Inovasi Teknologi SFT 2025 Catat Lonjakan Pendaftar Terbanyak

13 Juni 2025
Kuasai 34,1% Pangsa Pasar, Asus Perluas Ekosistem Laptop Gaming

Kuasai 34,1% Pangsa Pasar, Asus Perluas Ekosistem Laptop Gaming

13 Juni 2025
Green SM x Gojek

Perluas Aksesibilitas Transportasi Ramah Lingkungan, Green SM dan Gojek Hadirkan Layanan GoGreen SM

13 Juni 2025
BNIdirect

BNI Permudah Ekspor Produk Hortikultura KSIP Agro lewat BNIdirect

13 Juni 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

Johannes Ardiant : Bisnis Makanan Sehat Untuk Bahagiakan Banyak Orang

21 Maret 2019
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
MilikiRumah

Proptech MilikiRumah Galang Pendanaan Private Equity Senilai US$50 Juta

20 Mei 2025
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Samsung Solve for Tomorrow (SFT) 2025

Kompetisi Inovasi Teknologi SFT 2025 Catat Lonjakan Pendaftar Terbanyak

13 Juni 2025
Kuasai 34,1% Pangsa Pasar, Asus Perluas Ekosistem Laptop Gaming

Kuasai 34,1% Pangsa Pasar, Asus Perluas Ekosistem Laptop Gaming

13 Juni 2025
Green SM x Gojek

Perluas Aksesibilitas Transportasi Ramah Lingkungan, Green SM dan Gojek Hadirkan Layanan GoGreen SM

13 Juni 2025
BNIdirect

BNI Permudah Ekspor Produk Hortikultura KSIP Agro lewat BNIdirect

13 Juni 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version