youngster.id - Muncul kesadaran dari tren konsumen Ketika berbelanja dengan penekanan pada pengeluaran hemat anggaran, pengalaman belanja yang dipersonalisasi, dan meningkatnya peran penting teknologi AI.
Hal itu terungkap dari Holiday Shopping Trend Report 2024 yang dirilis Perfect Corp. Laporan ini menunjukkan adanya kesadaran terhadap pengelolaan anggaran, meskipun konsumen tetap mencari interaksi yang menarik baik di lingkungan digital maupun toko secara langsung.
Alice Chang, CEO dan Pendiri Perfect Corp mengatakan, temuan ini juga menegaskan pentingnya teknologi AI dan AR dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Menurutnya, solusi Perfect Corp. mendukung brand dalam menciptakan pengalaman belanja yang seamless, personal, dan inovatif yang memuaskan pelanggan musim liburan ini dan seterusnya.
“Kami sangat antusias mendukung brand dan retailers yang memanfaatkan wawasan serta solusi teknologi secara optimal untuk meraih kesuksesan. Seperti yang terlihat dalam hasil ini, AI semakin penting untuk melibatkan konsumen secara efektif dan memenuhi preferensi mereka yang terus berkembang dalam hal personalisasi,” kata Alice, dikutip Rabu (18/12/2024).
Laporan itu menyebutkan sebanyak 66% konsumen berencana untuk mengurangi pengeluaran pada musim liburan ini, hal ini dikarenakan kebanyakan konsumen memilih untuk fokus pada value suatu produk dan penghematan sebagai respons terhadap tantangan ekonomi saat ini.
Sebanyak 60% konsumen lebih memilih kombinasi belanja secara langsung dan online, karena mereka menghargai kenyamanan berbelanja dari rumah sekaligus mendapatkan bantuan dari shopping assistant di toko. Kendala utama dalam belanja online mencakup ketidakmampuan mencoba produk sebelum membeli (34%), proses pengembalian yang rumit (22%), dan terlalu banyak pilihan produk (15%).
Laporan itu menyebutkan, sebanyak 23% konsumen menginginkan alat virtual try-on, sementara 26% menghargai asisten virtual berbasis AI. Pengalaman yang dipersonalisasi semakin menjadi kebutuhan utama, dengan konsumen mengharapkan rekomendasi yang sesuai dan alat interaktif.
Sementara itu, sebanyak 52% konsumen sudah menggunakan atau berencana menggunakan AI dalam belanja mereka, menunjukkan pergeseran menuju normalisasi AI. Alat AI seperti chatbot dan analitik prediktif menjadi kunci untuk meningkatkan pengalaman belanja.
Teknologi AI dan AR dari Perfect Corp. terus mengubah dunia ritel dengan menghadirkan pengalaman pelanggan yang personal dan efisien. Melalui virtual try-on, diagnostik kulit berbasis AI, dan rekomendasi produk, Perfect Corp. memastikan merek dapat memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan di pasar yang dinamis.
“Peritel yang mengintegrasikan AI dan AR ke dalam strategi mereka akan membangun loyalitas pelanggan yang lebih kuat dan mendorong pertumbuhan penjualan selama musim liburan ini dan seterusnya,” tutup Alice.
HENNI S.
Discussion about this post