Sabtu, 27 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Peritel Perlu Optimalkan Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Profitabilitas

22 Juli 2023
in Analyze
Reading Time: 3 mins read
strategi promosi

Peritel Perlu Optimalkan Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Profitabilitas (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Pasar ritel Indonesia dikenal sangat terfragmentasi, dengan sejumlah pemain besar mendominasi mayoritas pangsa pasar. Selain itu, para pemain ritel lokal juga menghadapi tantangan dari dampak inflasi yang terus berlanjut sepanjang tahun ini.

Laporan terbaru menyatakan bahwa tingkat inflasi tahunan Indonesia turun ke level terendah dalam kurun waktu 12 bulan terakhir menjadi 4% di bulan Mei 2023, dan terdapat kecenderungan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022, sehingga berpotensi mengurangi tingkat konsumsi domestik serta menggerus profitabilitas bisnis di sisa tahun ini.

Memasuki paruh kedua tahun 2023, terdapat beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para peritel Indonesia untuk mengatasi beragam tantangan persaingan pertumbuhan yang tengah mereka hadapi. RELEX Solutions, perusahaan yang bergerak di bidang rantai pasokan dan perencanaan ritel, memberikan pandangannya mengenai sejumlah pertimbangan dalam mewujudkan peluang bisnis yang sukses di masa depan, serta membagikan beberapa tips untuk menghasilkan penjualan di tengah kondisi pasar ritel Indonesia saat ini.

Pentingnya menguji efektivitas promosi 

Indonesia merupakan pasar yang sangat peka terhadap penawaran harga untuk produk kebutuhan sehari-hari (price-sensitive), dan kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh promosi penjualan. Maka, penting bagi peritel untuk menentukan penawaran harga yang tepat bagi setiap produk yang dijual.

Baca juga :   Clubhouse, Media Sosial Berbasis Suara yang Sedang Viral

Peritel dapat memanfaatkan berbagai kegiatan promosi untuk meningkatkan profitabilitas; hal ini termasuk melalui program diskon dan penawaran khusus, mengadakan program loyalitas, menyediakan layanan pengiriman dan pengantaran gratis, dan terlibat dalam kampanye pemasaran langsung ke konsumen.

Promosi memainkan peran penting dalam industri ritel, karena memungkinkan para peritel untuk meningkatkan profitabilitas di berbagai saluran penjualan. Dengan memanfaatkan strategi promosi ini secara efektif, para peritel dapat meningkatkan keuntungan sekaligus menaikkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Selain itu, mereka juga perlu mempertimbangkan penggunaan alat pemasaran digital seperti platform media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas sehingga dapat meningkatkan penjualan. Melalui strategi promosi yang tepat, para peritel di Indonesia dapat memaksimalkan keuntungan mereka di seluruh saluran penjualan.

Dengan mempertimbangkan perilaku konsumen tersebut, para peritel lokal dapat terus menjalankan promosi dan mempertahankan harga jual yang terjangkau untuk menarik lebih banyak konsumen dan meningkatkan peluang penjualan.

“Promosi, seberat apa pun, memainkan peran yang cukup besar dalam meningkatkan penjualan dan arus kas toko, itulah sebabnya mengapa para peritel dituntut untuk selalu siap dalam menghadapi persaingan dan tantangan pasar,” ujar Kristie Davison, Vice President of Sales for APAC di RELEX Solutions, dikutip Sabtu (22/7/2023).

Baca juga :   Urgensi Proyeksi Permintaan Rantai Pasokan untuk Ritel dan CPG

Melakukan investasi dalam teknologi promosi ritel dapat membantu menyelaraskan proses perencanaan di seluruh fungsi. Jika disimulasikan, sebuah hypermarket dapat meningkatkan pendapatan promosi mereka hingga 5-8% dengan memaksimalkan pemanfaatan variasi produk dan cakupan implementasi promosi yang mereka lakukan.

Alat yang tepat juga dapat membantu meningkatkan efisiensi di bidang lainnya, termasuk meningkatkan akurasi perkiraan untuk membantu mengurangi kelebihan atau kekurangan pasokan barang, mengurangi sisa stok dari barang-barang musiman, memperkuat hubungan antara peritel dan pemasok, serta memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai perilaku konsumen dalam situasi tertentu, seperti kegiatan musiman dan pergerakan ekonomi.

Memberikan pengalaman terbaik untuk mengubah pelanggan pertama kali menjadi pelanggan setia

Konsumen terpapar dengan promosi yang tak ada habisnya selama berlangsungnya periode musim belanja menjelang hari raya. Di samping promosi dari merek pesaing, promosi dengan merek yang sama juga memecah perhatian konsumen, sehingga mengakibatkan rendahnya angka penjualan yang biasanya nyaris tidak cukup untuk mengimbangi potongan harga. Pada akhirnya, hal ini berujung pada kerugian.

Untuk mencapai keuntungan sebesar mungkin dengan biaya yang paling rendah, peritel perlu memastikan bahwa promosi di berbagai saluran penjualan mereka saling melengkapi dan memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik. Analisis data dari promosi sebelumnya juga dapat dipelajari untuk memahami praktik mana yang harus diberhentikan atau justru dijalankan. Hal ini mencakup penilaian mengenai harga, strategi, dan berbagai macam aspek lain yang dapat memberikan hasil terbaik.

Baca juga :   Strategi Promosi Blibli.com dan Blanja.com Jelang Ramadhan

Pengukuran yang tepat untuk mengoptimalkan jumlah  promosi yang dijalankan

Informasi yang berdasarkan data mampu menunjukkan jika suatu bisnis menjalankan terlalu banyak promosi atau tidak. Ketika produk dengan potensi penjualan yang lemah dipromosikan terlalu sering, keuntungan yang didapat serta tingkat penjualan dapat mengalami penurunan. Meski wawasan dari promosi terdahulu dapat membantu, terdapat beberapa faktor yang dapat membuat proses analisis secara manual menjadi cukup rumit. Hal ini termasuk melakukan perbandingan penjualan di berbagai musim dalam kurun waktu satu tahun serta intensitas pemberian potongan harga selama pandemi.

Dalam persaingan dengan para kompetitor di tengah cepatnya laju pertumbuhan bisnis, besarnya alokasi waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan uji coba secara manual yang cukup rumit menjadikan hal tersebut menjadi tidak praktis dan tidak realistis.

“Inilah sebabnya mengapa digitalisasi berperan penting dalam upaya untuk mengoptimalkan penjualan dan promosi bagi para peritel,” tutup Davison. (*AMBS)

 

Tags: peritelRELEX Solutionsstrategi promosi
Previous Post

Dukung Transformasi Digital Pelaku Usaha, VIDA dan XL Axiata Luncurkan “XL BIZ VIDA”

Next Post

Tingkatkan Kompetensi Pendidikan Vokasi, Erajaya Kerja Sama dengan 49 SPV

Related Posts

mengelola stok barang
News

Mengelola Kelebihan Stok Barang Promosi Ramadan Pasca Lebaran

11 Mei 2024
0
Artificial Intelligence
Analyze

RELEX: AI dan ML Belum Jadi Prioritas Investasi oleh Perusahaan

24 April 2024
0
mengelola stok barang
News

Berkat Pertambahan Pelanggan Baru, Pendapatan RELEX Naik 42%

6 Februari 2024
0
Load More
Next Post
pendidikan vokasi

Tingkatkan Kompetensi Pendidikan Vokasi, Erajaya Kerja Sama dengan 49 SPV

Educourse

Educourse, Edutech dengan Model Pembelajaran Berbasis STEAM

BINUS Digitec Valley

Dukung Industri Digital Technopreneur, BINUS @Malang Hadirkan BINUS Digitec Valley

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version