Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Strategi Cerdas Pemasaran Masa Kini

20 Oktober 2021
in Analyze, Headline
Reading Time: 3 mins read
omnichannel marketing

Omnichannel marketing dianggap menjadi strategi cerdas pemasaran masa kini (Foto: Ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Banyaknya saluran pemasaran yang kini tersedia, semakin memperkaya strategi pemasaran yang dapat dilakukan sebagai bentuk pendekatan terhadap konsumen. Setiap harinya, konsumen terpapar beragam konten dari berbagai channel yang ada dengan tingkat intensitas yang berbeda dan menjadikan mereka semakin kritis dalam memilih produk yang akan dibeli.

Beradaptasi pada perubahan pola konsumsi konsumen tentunya dapat membuat strategi pemasaran menjadi lebih efektif. Nah, salah satu strategi pemasaran yang dianggap cocok untuk tipe konsumen cerdas masa kini yang mendominasi pasar adalah Omnichannel Marketing.

Diambil dari asal kata “Omnis” yang berarti universal, Omnichannel Marketing menggabungkan berbagai saluran komunikasi yang ada untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang saling terhubung. Omnichannel Marketing disebut juga strategi pemasaran lintas platform. Dengan menyelaraskan berbagai channel atau saluran yang ada sehingga konsumen dapat merasakan pengalaman baru yang memenuhi ekspektasi.

Pola konsumsi yang berbeda membuat saluran pemasaran yang digunakan harus terintegrasi satu sama lain. Hal ini bertujuan untuk memberikan paparan yang konsisten terhadap konsumen. Dengan Omnichannel Marketing, konsumen bisa menemukan, mempelajari, melihat stok, hingga akhirnya membeli suatu produk lewat sebuah skema pemasaran yang dapat diakses dari gadget mereka dengan mudah. Biasanya saluran yang digabungkan dalam strategi pemasaran ini adalah media sosial, e-commerce serta toko offline atau warehouse.

Transisi yang mulus menjadi kunci utama penerapan Omnichannel Marketing. Setiap saluran harus saling melengkapi dan menjaga agar pengalaman yang tercipta bagi konsumen tetap terasa seamless.

Sepintas Omnichannel Marketing ini mirip dengan Multichannel Marketing, karena sama-sama berfokus pada penggunaan beberapa saluran untuk menjangkau konsumennya. Tetapi, ternyata sangat berbeda.

Multichannel Marketing mengacu pada kemampuan memaksimalkan saluran dengan tujuan berinteraksi dengan konsumen serta menjangkau pasar yang berpotensi. Saluran yang digunakan pun cakupannya lebih luas dan banyak, seperti beriklan lewat media, melakukan promosi online, offline serta kegiatan promosi satu arah lainnya. Sementara Omnichannel Marketing mengharuskan adanya keselarasan dari saluran satu dan yang lain dengan tujuan memberikan konsumen pengalaman berbelanja dua arah yang terintegrasi.

Baca juga :   I3E 2019 Jadi Ajang Penghubung Penemu, Startup dan Investor

Penerapan strategi Omnichannel Marketing ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

1. Mempermudah Konsumen

Terintegrasinya saluran pemasaran suatu bisnis akan sangat membantu konsumen mendapatkan kenyamanan saat berbelanja. Konsumen bisa bebas memilih cara mendapatkan produk yang diinginkan hanya dengan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi tertentu dari gadget mereka. Semakin mudah consumer experience yang dirasakan, semakin baik pula pelayanan Anda di mata konsumen.

2. Meningkatkan Brand Recall

Pemaparan lintas platform dari sebuah brand kepada konsumen secara konsisten akan membuat brand recall menjadi kuat. Nantinya, konsumen akan mempercayakan produk Anda karena menjadi pilihan pertama yang terlintas di benak mereka dan mengingat brand Anda dengan kesan yang baik.

Baca juga :   Digitalisasi UMKM Indonesia Dapat Tingkatkan PDB Hingga US$164 Miliar

3. Memperkaya Wawasan

Selain mempermudah konsumen, penyelarasan beberapa saluran melalui Omnichannel Marketing juga dapat mempermudah Anda mendapatkan data pelanggan yang dapat digunakan untuk memahami pembeli secara lebih baik. Anda dapat melacak jumlah konsumen yang tersebar di beberapa area, produk mana yang paling diminati, ataupun campaign mana yang paling berhasil untuk diterapkan kembali dalam strategi bisnis Anda berikutnya.

4. Meningkatkan Performa Toko

Dari kemudahan yang ditawarkan, tingginya tingkat brand recall serta pemahaman yang baik terhadap konsumen akan membawa bisnis Anda kepada kesuksesan besar dalam menarik hati lebih banyak pembeli. Jumlah transaksi pun akan meningkat secara berkala dan membuat produk yang dijual lebih banyak dikenal di pasaran.

Baca juga :   Reunite dan Recharge Jadi Tujuan Perjalanan di Tahun 2023

Omnichannel Marketing juga dipercaya sebagai strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis ritel karena dapat memaksimalkan performa saluran satu dan yang lainnya. Namun, bukan berarti strategi ini tidak boleh digunakan oleh bisnis skala kecil.

Bagi pemilik bisnis skala kecil, Anda dapat memaksimalkan media sosial bisnis Anda dengan menambahkan katalog maupun deskripsi produk, dan menyelaraskannya dengan toko online Anda di e-commerce.

 

MELINA MARPAUNG – Senior Executive Zilingo Indonesia

Tags: multichannel marketingomnichannel marketingsaluran pemasaran terintegrasistartegi pemasaran
Previous Post

Kiat Cerdas Mengatur Kebutuhan Rumah Tangga Bagi Pasangan Milenial

Next Post

Doyobi Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai US$ 2,8 Juta

Related Posts

No Content Available
Load More
Next Post
Belajar online

Doyobi Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai US$ 2,8 Juta

Festival Belanja Global 11.11

Festival Belanja Global 11.11 2021 Kembali Digelar Alibaba Group

TikTok

Tahun Depan TikTok Jadi Tren Utama Media Sosial

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version