Senin, 29 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Tabungan di Bank Masih Menjadi Pilihan Utama Nasabah untuk Menjaga Stabilitas Finansial

24 November 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 2 mins read
Danamon - Menabung

Tabungan di Bank Masih Menjadi Pilihan Utama Nasabah untuk Menjaga Stabilitas Finansial. (Foto: ilustrasi)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Ketika ada impian yang ingin dicapai, seperti  punya rumah atau mobil idaman ataupun rencana liburan baik ke dalam maupun ke luar negeri, menabung menjadi salah satu kunci mewujudkan impian tersebut. Dan, ternyata menabung masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial.

Hal itu terungkap dari hasil riset Danamon bersama Jakpat bertajuk ‘Preferensi Menabung Masyarakat’, yang menyoroti tiga generasi produktif saat ini — Gen X, generasi lahir pada tahun 1965-1980 (sekarang berusia 40-55 tahun), Gen Y atau Milenial yaitu generasi lahir pada tahun 1981-1996 (saat ini berusia 24-39 tahun), dan Gen Z,  generasi lahir pada tahun 1997-2012 (sekarang berusia 8-23 tahun) — ternyata  masih menganggap menabung sebagai sesuatu yang penting dan menarik.

Laporan itu menyebutkan semua Generasi Menganggap Menabung Penting: 67% Gen X, 64% Gen Y, dan 79% Gen Z percaya  akan pentingnya menabung karena dapat membantu mewujudkan rencana finansial mereka.

Baca juga :   Generasi Milenial Terbanyak Belanja Online Selama Bulan Ramadhan

Sebanyak 74% responden membuka tabungan untuk dana darurat. Hal ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya persiapan finansial di saat mendesak. Dan, 71% responden membuka tabungan simpanan masa depan, sebagai bentuk perencanaan finansial jangka panjang untuk kebutuhan di masa depan.

Lalu, sebanyak 84% responden memilih bank sebagai tempat menabung. Namun, sekitar 22% responden masih bingung memilih tempat menabung yang sesuai kebutuhan. Hal itu menunjukkan kurangnya informasi mengenai pilihan produk tabungan masih kurang didapat oleh masyarakat.

Dalam hal konsistensi dan disiplin menabung, 59% responden menghemat pengeluaran sebagai usaha menabung. Sementara 56% responden menyisihkan uang secara konsisten, menandakan disiplin dalam mengelola keuangan. Menariknya, 85% responden tertarik dengan program undian berhadiah melalui tabungan, dan 76% responden termotivasi menabung karena program undian berhadiah.

Baca juga :   Artificial Intelligence Mendefinisikan Ulang Strategi dan Pendekatan Pemasaran

Ivan Jaya selaku Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengatakan, temuan riset tersebut sejalan dengan upaya Danamon untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun untuk kedua kalinya sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru untuk meningkatkan disiplin mereka dalam usaha menabung.

Menurutnya, program ini mendorong motivasi masyarakat untuk terus menabung karena memberikan peluang memenangkan hadiah-hadiah menarik secara berulang. Sebanyak 71% responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini. Bahkan, 72% responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan.

“Riset kami bersama Jakpat menunjukkan menabung di bank masih menjadi pilihan relevan bagi masyarakat Indonesia. Dengan produk tabungan bank, dana yang disimpan cenderung lebih aman dan bisa juga digunakan untuk kebutuhan jangka pendek hingga panjang karena sifatnya yang likuid. Terlebih, setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda atas produk tabungan. Itulah sebabnya Danamon memiliki berbagai pilihan produk tabungan,” ujar Ivan, Jum’at (24/11/2023).

Baca juga :   HP Buka 20 Tech Hubs untuk Latih 10.000 Siswa di Asia Tenggara

Riset ini juga menunjukkan  bahwa 43% responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan.

Kemudian apabila berbicara mengenai fitur produk tabungan, hampir 50% dari masing-masing fitur yang paling diminati adalah bebas biaya transfer, bebas biaya top up e-wallet, tarik tunai di ATM lain tidak dipungut biaya, dan bebas biaya admin. (*AMBS)

 

Tags: danamonDanamon Hadiah BeruntunJakPatTabungan di Bank
Previous Post

Telkom Tawarkan “Partnership” untuk Garap Bisnis CPaaS

Next Post

Demo Day BCA SYNRGY Accelerator 2023: Ajang Startup Bersinergi

Related Posts

Media Sosial
Headline

Invinyx dan Jakpat: Platform Instagram Jadi Media Sosial Paling Populer di Kalangan Gen Z

27 Maret 2024
0
Danamon x Helicap
Headline

Kerja Sama Danamon dan Helicap Sediakan Modal Bagi Industri Fintech

23 Februari 2024
0
Danamon - Standard Chartered Indonesia
News

StanChart Rampungkan Penjualan Produk Ritel-nya ke Danamon

11 Desember 2023
0
Load More
Next Post
Demo Day BCA SYNRGY

Demo Day BCA SYNRGY Accelerator 2023: Ajang Startup Bersinergi

Persiapkan Liburan Seru Sekaligus Berburu Foto Epic

Persiapkan Liburan Seru Sekaligus Berburu Foto Epic

lapakgaming battle arena

Bukalapak Gelar Turnamen Game Lapakgaming Battle Arena

Discussion about this post

Recent Updates

UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

UNIQLO Indonesia Lakukan Transformasi Layanan E-Commerce, Integrasikan Toko Online dan Offline

29 September 2025
Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

Garuda Spark Innovation Hub, Ruang Terbuka Bagi Startup

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version