Minggu, 28 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home News Analyze

Ternyata, 67% Penduduk Indonesia Bukan Pengguna Aktif e-Commerce

2 Oktober 2023
in Analyze, Headline
Reading Time: 6 mins read
Evermos x Katadata Insight

Ternyata, 67% Penduduk Indonesia Bukan Pengguna Akti e-Commerce (Foto: Istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Saluran offline masih memiliki persepsi yang lebih positif di kalangan konsumen dibandingkan  dengan saluran online, meskipun pada dekade terakhir ini e-commerce memberikan dampak besar pada perekonomian. Bahkan, 67% penduduk Indonesia bukan pengguna aktif e-commerce.

Hal itu terungkap dari Laporan yang dirilis Katadata Insight Center dan Evermos, berjudul “Beyond the Digital Frontier: Bagaimana Saluran Offline Memacu Kemajuan Merek Lokal”.

Laporan ini disusun berdasarkan temuan survei tatap muka terhadap 422 responden di delapan kota tier 2 dan tier 3 di Jawa, in-depth interview dengan 10 merek nasional ternama, dan survei terhadap 32 perusahaan dengan nilai penjualan barang teratas di Evermos, platform reseller yang bermitra dengan UMKM di Indonesia.

Ghufron Mustaqim, Co–Founder dan CEO Evermos mengatakan, sektor e-commerce di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat selama satu dekade lalu, apalagi di tengah pandemi Covid-19, namun laporan ini menunjukkan bahwa e-commerce masih belum melampaui signifikansi ritel tradisional.

“Kami bermitra dengan Katadata Insight Center untuk mengidentifikasi strategi merek-merek lokal yang berhasil berkembang menjadi merek nasional, dengan harapan temuan yang diperoleh dapat membantu merek-merek yang sedang naik daun mencapai kesuksesan di tengah pasar dengan persaingan yang semakin jenuh,” kata Ghufron, Senin (2/10/2023).

Baca juga :   Raih US$39 Juta, Platform Sosial Commerce Evermos Siapkan Perluasan Jaringan Perdagangan

Meskipun dibantu pertumbuhan e-commerce yang pesat, UMKM masih menghadapi banyak tantangan dalam perkembangan bisnisnya. UMKM mencakup 99% bisnis di Indonesia dan menyumbang 61,9% terhadap total PDB Indonesia pada tahun 2022, namun banyak bisnis yang kesulitan bersaing dengan pemain besar karena faktor-faktor seperti terbatasnya inovasi, terbatasnya akses pasar, dan kesulitan dalam meningkatkan skala usaha.

Walaupun UMKM telah menerapkan upaya transformasi digital dan saluran distribusi online, kesulitan yang mereka hadapi saat berekspansi ke kota-kota kecil di Indonesia—yang merupakan rumah bagi sekitar 87% penduduk Indonesia—masih belum terselesaikan.

Gundy  Cahyadi, Direktur Riset Katadata  Insight Centre menjelaskan, Laporan ini menunjukkan pola yang konsisten di antara merek-merek unggulan nasional: semakin besar suatu merek tumbuh, semakin besar pula kontribusi dari saluran offline. Meskipun saluran  online penting untuk pertumbuhan di era digital, market leader adalah merek yang memiliki akar kuat di saluran offline.

“Merek-merek terkemuka yang diakui secara nasional menyadari pentingnya memiliki strategi connected commerce, sehingga memudahkan konsumen untuk berpindah antara saluran online dan offline secara terintegrasi. Oleh karena itu, merek-merek yang sedang naik daun tidak boleh mengabaikan manfaat saluran offline terhadap kinerja bisnis, mengingat dinamika pasar di Indonesia,” jelas Gundy.

Laporan yang mengidentifikasi pola dan perilaku konsumen dan brand lokal guna memberikan wawasan mengenai pertumbuhan merek lokal di Indonesia ini menghasilkan lima kesimpulan utama:

Baca juga :   Menghindari Kegagalan Bisnis di Tahap Awal

1. E-commerce,meskipun berdampak besar dan menjadi fokus perhatian dalam dekade terakhir, masih merupakan bagian kecil dari perekonomian Indon Dua dari tiga masyarakat Indonesia bukan pengguna aktif e-commerce.

2. Konsumenpada umumnya lebih menyukai saluran offline dibandingkan saluran online, meskipun saluran online menawarkan pilihan harga yang lebih b Masih rendahnya faktor kepercayaan membuat non-pengguna tidak tertarik berbelanja online. Di antara non- pengguna e-commerce, 85% enggan berbelanja online karena kekhawatiran terhadap kualitas produk yang dijual online; 79% khawatir barang tidak sampai dalam kondisi baik; dan 79% khawatir akan penipuan dalam transaksi online.

3.  Merek-mereknational champion, terutama yang memiliki penjualan tahunan melebihi Rp500 miliar, telah membangun kehadiran yang kuat di saluran offline, dan secara konsisten mengungguli rekan-rekan online merek Meskipun semua merek national champion sepakat bahwa strategi multichannel sangat penting untuk brand awareness dan memandang saluran online dan offline sama pentingnya, merek-merek national champion tetap mempertahankan kehadiran offline yang kuat untuk memenuhi permintaan nasional, terutama di kota-kota tier rendah.

4.  Saluranoffline tidak hanya berfungsi sebagai saluran distribusi. Saluran offline juga terbukti meningkatkan brand awareness dan loyalitas konsum Kesepuluh merek nasional yang diwawancarai sepakat bahwa saluran offline lebih efektif dalam menciptakan brand awareness. Merek  yang  ingin mempertahankan  saluran  online-nya  dapat memanfaatkan connected commerce untuk memberikan kemudahan konsumen untuk memililih dan berpindah antara saluran offline dan online tanpa mengurangi experience belanjanya.

Baca juga :   Grab Akan Fokus Penetrasi Pasar Asia Tenggara

5. Inovasisangat penting untuk mempertahankan unique selling point suatu merek dan menciptakan dampak  jangka  panjang di  benak  konsumen,  baik  dari segi  inovasi  produk maupun strategi pemasaran. Meskipun 10 merek nasional yang diwawancarai sepakat bahwa inovasi adalah prioritas utama, hanya 16% dari merek-merek baru yang disurvei mengindikasikan inovasi sebagai pendekatan pertumbuhan yang disu

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah mengatakan, UMKM Indonesia telah lama menjadi tulang punggung perekonomian nasional, berkontribusi signifikan terhadap PDB dan lapangan kerja, dan merupakan prioritas utama pemerintah untuk mewujudkan potensi UMKM secara maksimal dan memastikan keberlanjutannya.

“Pemerintah sangat menekankan inisiatif untuk mengangkat UMKM dengan menawarkan mereka sumber daya dan peluang untuk berkembang. Perjalanan dari usaha kecil menuju merek nasional yang berkembang memiliki banyak aspek, dan laporan ini merupakan langkah yang baik untuk memicu diskusi dan pertukaran ide yang diperlukan agar UMKM dapat berkembang,” ujar Menteri Tteten. (*AMBS)

 

Tags: EvermosKatadata InsightPengguna Aktif e-Commerce
Previous Post

SEVA Lampaui Target 355% Penggunaan InstantApproval di Pameran GIIAS

Next Post

Kolaborasi Yokke dan SBPS Garap Potensi Transaksi Pembayaran Digital di Indonesia

Related Posts

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel
News

Dukung Pertumbuhan Usaha Lokal Evermos Gandeng Telkomsel

23 Desember 2024
0
Evermos - Nikkei Forum 2024
Headline

Evermos Hadir untuk Dukung Perkembangan UMKM

4 Juni 2024
0
Evermos
News

Kembangkan Ekosistem Bisnis Syariah, Evermos Kerja Sama dengan IMNU

27 Januari 2024
0
Load More
Next Post
pembayaran digital

Kolaborasi Yokke dan SBPS Garap Potensi Transaksi Pembayaran Digital di Indonesia

Kipin Edtech

Indonesia Edtech: Mengubah Pendidikan di Indonesia dengan Memecahkan Masalah Nyata

donasi buku

Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, Startup Tentang Anak Donasikan 1800 Buku

Discussion about this post

Recent Updates

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

Karya Raya 2025 Jaring 1.870 Buku Cerita Karya Anak, Harapan Bagi Peningkatan Literasi

27 September 2025
Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

Indodana Paylater Permudah Pengguna BNPL Batalkan Transaksi Bermasalah

27 September 2025
Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

Akademi Edukreator Jangkau 4.000 Kreator Untuk Jadikan YouTube Ruang Kelas Berkualitas

27 September 2025
Koperasi Desa Merah Putih

Koperasi Desa Merah Putih Berperan Bagi Pemerataan Akses Energi Bersih

26 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version