Selasa, 30 September 2025
No Result
View All Result
youngster.id
Pratesis Ads
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development
No Result
View All Result
youngster.id
No Result
View All Result
Home Headline

Antisipasi Penipuan Online, Grab Adopsi AI

21 November 2020
in Headline, News
Reading Time: 2 mins read
Grab For Good: Program Kontribusi Sosial Grab di Asia Tenggara

Peluncuran Grab for Good di Jakarta. (Foto: istimewa)

0
SHARES
0
VIEWS

youngster.id - Penipuan online dengan modus rekayasa sosial (social engineering) meningkat saat pandemi corona, karena masyarakat beralih ke layanan digital. Berdasarkan data Cybersource pada 2018, e-commerce kehilangan 1,6% potensi pendapatan karena adanya kejahatan siber. Di Indonesia bahkan mencapai 3,2%.

Kondisi ini mendorong Grab untuk memaksimalkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI).  Selain itu, startup decacorn ini tengah menyiapkan lima fitur baru untuk mengantisipasi penipuan siber ini.

Head of Technology, Integrity Group, Transport, and Patents Office Grab Wui Ngiap Foo mengatakan, kejahatan siber menjadi tantangan tersendiri dalam menyediakan layanan digital.

“Itu karena literasi digitalnya rendah,” kata Foo dalam acara virtual ‘Grab Tech Insider’ baru-baru ini.

Baca juga :   Layanan GrabExpress Meningkat 40 %

Berdasarkan Global World Digital Competitiveness Index yang dirilis oleh Institute for Management Development (IMD), literasi digital Indonesia menempati urutan 56 dari 63 negara

Selain itu, penipuan online secara global meningkat 600% dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). Berdasarkan laporan The International Criminal Police Organization (Interpol) 2020, Asia Tenggara menjadi sasaran penjahat siber yang beroperasi dengan cara menipu dan mengelabui korban, atau phishing. Bahkan Indonesia menjadi target utama pelaku penipuan.

Oleh karena itu, Grab menyematkan AI pada beberapa fitur dan layanan. Selain itu, menerapkan sistem keamanan berlapis, tetapi tetap memperhatikan friksi. “Yang baik yakni menciptakan keamanan di luar persepsi friksi. Saya pikir, keamanan berlapis menjadi evolusi,” kata Foo lagi.

Baca juga :   Pinjaman Online Legal Diminta Selesaikan Kredit Macet Secara Mandiri

Menurut dia, Grab menerapkan verifikasi wajah (face recognition) berbasis AI bagi mitra pengemudi sebelum menerima order. Sewaktu-waktu, Grab juga dapat meminta driver untuk berswafoto untuk verifikasi. Penumpang yang pertama kali menggunakan layanan Grab juga diminta swafoto.

Meski begitu, Foo menjamin bahwa data-data biometrik dan lainnya aman. Selain itu, AI disematkan pada fitur-fitur yang aktif selama perjalanan berlangsung. Fitur yang dimaksud yakni status transaksi, GPS, kondisi lalu lintas, peta, dan telematik.

Setelah transaksi berakhir, AI menganalisis perilaku mitra pengemudi selama berkendara. Kemudian laporan dikirimkan kepada mitra.

Decacorn asal Singapura itu pun menyiapkan lima fitur baru, yakni verifikasi tanpa-gerak (gesture-less), penyaring percakapan, deteksi tabrakan (crash detection), penghentian perjalanan yang tidak biasa (unusual ride termination), dan notifikasi untuk mitra pengemudi. “Kami investasi pada teknologi pengenalan bahasa dan pesan penipuan untuk fitur penyaring percakapan,” ujar dia.

Baca juga :   Aplikasi Logistik Bisa Tingkatkan Efisiensi

Grab juga melatih mesin pembelajar (machine learning) untuk mendeteksi anomali transaksi yang dicurigai. Transaksi penipuan di platform Grab pun diklaim kurang dari 1% saat ini.

 

 

STEVY WIDIA

Tags: Grabliterasi digitalmodus rekayasa sosial (social engineering)penipuan online
Previous Post

2,44 Juta Pekerja Dapat Bantuan Subsidi Gaji Dari Pemerintah

Next Post

Ada Kesempatan Tumbuh Di Tengah Kesulitan

Related Posts

5 Modus Penipuan Online Yang Harus Diwaspadai
News

5 Modus Penipuan Online Yang Harus Diwaspadai

9 September 2025
0
Teman Pintar Jaring 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota Belajar Literasi Digital
News

Teman Pintar Jaring 2.640 Pelajar & UMKM di Empat Kota Belajar Literasi Digital

9 Agustus 2025
0
Grab Hadirkan Berbagai Fitur AI Untuk Permudah Layanan Bagi Pengguna dan Mitra
Headline

Grab Raup Keuntungan Tertinggi Sejak Bisnis Berdiri

5 Agustus 2025
0
Load More
Next Post
Ada Kesempatan Tumbuh Di Tengah Kesulitan

Ada Kesempatan Tumbuh Di Tengah Kesulitan

e-commerce

Operator Ini Terapkan Platform Penawaran Produk Sesuai Profil Pelanggan

media sosial

Jaringan Iklan Digital Masih Didominasi Facebook dan Google

Discussion about this post

Recent Updates

influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Trending
  • Comments
  • Latest
Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

Dera Perdana Shopian : Ajak Milenial Berdonasi Digital

27 Juni 2019
Startup Hayokerja

Startup HayoKerja Hadirkan Solusi PHL bagi Perusahaan Pencari Tenaga Kerja

25 September 2023
pendanaan Fintech

Inilah 5 Fintech dengan Pendanaan Terbesar di Indonesia Tahun 2025

15 Mei 2025
Fastwork Raih Pendanaan Seri A US$4,8 Juta

Fastwork Luncurkan Fitur Baru Untuk Pengguna Jasa Freelancer

11 Agustus 2020
Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

Junaidi : Bikin Bimbel Karena Cinta Jadi Guru

0
Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

Brother Indonesia Rilis Aplikasi Mobile Brother iShop

0
Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

Bangun Bagian Dapur, IKEA Dukung Pembuatan Film “Ini Kisah Tiga Dara”

0
Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

Ferdian Yosa : Menangkap Tren di Bisnis Kuliner

0
influencer kecantikan

Digital Marketing & Influencer Dorong Pertumbuhan Klinik Kecantikan

29 September 2025
Harbolnas

Empat Strategi Memaksimalkan Harbolnas di Era Konsumen yang Kian Selektif

29 September 2025
UmrahCash x VIDA

Kolaborasi UmrahCash dan VIDA Hadirkan Dompet Digital Syariah

29 September 2025
XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience dan Service Operation Center

29 September 2025
  • Tentang Kami
  • Hubungi Kami
  • Pedoman Media Siber
  • Layanan Bisnis
Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved
No Result
View All Result
  • News
  • Technopreneur
  • Creativepreneur
  • Sociopreneur
  • Innovation
  • Youth Development

Copyright © 2016 - PT Inovasi Muda Mandiri. All rights reserved

This website uses cookies. By continuing to use this website you are giving consent to cookies being used. Visit our Privacy and Cookie Policy.
Go to mobile version